Kam. Okt 29th, 2020

kbirayanews.com

Menyajikan Informasi Bernilai Edukasi

PAUD Tentukan Keberhasilan Pendidikan

Kuala Kurun, KBIRAYANEWS.  Proses pendidikan bak proses membangun sebuah gedung.Dalam teori pendidikan bagi Sumber Daya Manusia (SDM), keberhasilan pendidikan ditentukan oleh pendidikan dasar

Kembali ke belakang dalam tahap proses pendidikan formal mulai dari Pendidikan Anak Usia Dini (PUAD) atau Taman Kanak-anak (TK). Maka jangan dianggap enteng fungsi PAUD, karena sebagai kunci atau penentu keberhasilan proses pendidikan berikutnya.

Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gunung Mas (Gumas)melalu Himpunan Pendidikan dan tenaga kependidikan (HIMPAUDI) menggelar Diklat PAUD berjenjang tingkat Dasar (Mandiri) kegiatan ini bertempat di Aula Hotel Lising Kula Kurun, Rabu (9/2/19) malam.

Pendidikan anak usia dini berbeda dengan pendidikan yang lebih tinggi, fungsi pada PAUD lebih dikatakan untuk meningkatkan kapasitas kecerdasan anak dan aspek perkembangan lainnya dengan memanfaatkan momentum masa keemasan perkembangan otaknya.

Dalam sambutan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Gumas Drs. Muhammad Rusdi melalui Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan DIKMAS mengatakan, pendidikan anak usia dini merupakan wahana untuk memfasilitasi anak agar banyak beraktifitas, berekplorasi dan berpikir lewat bermain.

“Dikatakannya, untuk mencapai tujuan ini kita harus memiliki guru PAUD yang memiliki pola pengajaran yang menarik dan menyenangkan bagi anak-anak PAUD agar memiliki karakter kuat dan mampu bersaing dengan daerah lain,” ujarnya.

Rusdi berharap dengan terlaksananya kegiatan ini dapat meningkatkan kemampuan guru-guru PAUD terutama yang ada di daerah semoga termotivasi agar meningkatkan kapasitas diri dan aktif dalam kegiatan diklat ini.

Mengingat masih banyak guru di Kabupaten Gumas yang masih berkualisifikasi pendidikan SLTA dan sebagaimana di amanatkan Permemendikbud No. 137 Thn 2014 pendidik PAUD harus memiliki dan sudah mengikuti diklat pelatihan dasar.

Pada kesempatan ini saya meminta kepada para peserta diklat untuk memanfaatkan kesempatan ini sebaik mungkin untuk menambah pengetahuan dan wawasan,” kata Kepala Bidang Pembinaan PAUD dan DIKMAS Indra Yustina, S.Kom.

BACA JUGA :  Disdik Kota Setop Jabat Tangan di Sekolah, Ini Kata Para Guru

“Ketua panitia Priwanto Samosir, ST melaporkan, pendidikan PAUD merupakan pondasi dasar kejenjang yang lebih tinggi, dimana sebagai pondasi tentunya haruslah kuat dan kokoh agar mampu menopang dan menahan beban untuk pendidikan yang diatasnya mengahadapi tantangan selanjutnya,” ujarnya.

Adapun peserta terdiri dari guru-guru PAUD se-Kabupaten Gumas berjumlah 18 orang dan dari Kabupaten Kapuas-Sei Hanyo berjumlah 3 orang.

Narasumber dalam kegiatan tersebut yakni, Roslita, SE., M.Si, Jentariya, S.Pd, Indrawati, S.Pd, Rameina Widyastuty, S.Pd., M.Pd.(Dayak News/AI/BBU).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *