Kam. Okt 29th, 2020

kbirayanews.com

Menyajikan Informasi Bernilai Edukasi

FPK Kalteng Gelar Natal Etnis Nusantara

Palangka Raya,27/1(Kbiraya)-

Forum Pembauran Kebangsaan Provinsi Kalimantan Tengah (FPK Kalteng) menggelar natal lintas etnis nusantara bersama semua paguyuban yang eksis di bawah kantor Badan Kesatuan Kebangsaan dan Politik (Kesbangpol) Provinsi Kalteng.
“Perayaan natal lintas etnis nusantara ini baru pertama kali dilakukan, dan ini merupakan wujud keragaman dalam kebersamaan di provinsi yang di juluki Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila’ ini, kata Ketua FPK Johanes Freddy Ering di Palangka Raya, Minggu (27/1/19).
Kegiatan ini melibatkan semua masyarakat berbagai suku yang tergabung dalam paguyuban masing-masing. Mereka secara representatif termasuk dalam kepengurusan FPK sesuai Surat Keputusan (SK) Gubernur H. Sugianto Sabran.
Freddy Yohanes Ering mengatakan, natal etnis nusantara yang akan berlangsung di Universitas Palangka Raya (UPR) dengan sub tema “Dengan hikmah natal kita mantapkan persatuan dan pembaruan kebangsaan dalam menunjang pembangunan daerah menuju Kalteng Berkah”.
Perayaan natal lintas etnis nusantara merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dalam tahun 2018. Selain itu, FPK juga melakukan pertemuan dengan masyarakat untuk mempererat tali silahturahmi sesama dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).
“Kami berupaya menyemangati kehidupan bersama dalam keberagaman. Perbedaan itu justru menjadi tali yang dapat mempererat hubungan kebersamaan dalam keragaman. Perbedaan itu justru menjadi tali yang dapat mempererat hubungan kebersamaan dalam keberagaman. Perbedaan itu rahmat bila diimplementasikan dalam suasana kebersamaan maka sebagai kelanjutan acara akan dilanjutkan di hari raya lebaran dengan menggelar halalbihalal” katanya.
Freddy yang juga ketua komisi A anggota DPRD provinsi Kalteng itu mengatakan, kebersamaan dalam hidup, dan kehidupan adalah sebuah keharusan sesama. Keharmonisan, terutama dikaitkan dengan tahun politik ini (2019) menjadi sesuatu yang didambakan sebagai upaya menciptakan kondisi kondusif dalam kehidupan masyarakat.
“Kita semua berharap kehidupan harmonis yang terlihat sekarang di provinsi ini bisa meningkat dan lebih baik lagi di masa mendatang. Falsafah huma betang kita usahakan selalu tercermin dalam kehidupan masyarakat kita ke depan,” ujarnya.
FPK sebagai salah satu organisasi kemasyarakatan berupaya memberi semangat kebersamaan dalam keberagaman hidup berbangsa dan bernegara. FPK juga mengedepankan toleransi dalam menjalin hubungan sesama di tahun politik 2019.
“Kita semu telah sepakat bersama bahwa pesta demokrasi rakyat lima tahunan ini berlangsung lancar, sukses, dan dapat menghasilkan pemimpin terbaik bangsa, dan terpilih wakil rakyat yang peduli terhadap kepentingan masyarakat,” katanya seraya mengajak masyarakat menumbuhkan semangat mewujudkan kebersamaan dalam kehidupan.
Sementara ketua pelaksana natal lintas etnis nusantara JMT Pandiangan menambahkan bahwa kegiatan dilaksanakan bersama dalam ruang lingkup panitia yang melibatkan masyarakat dari berbagai provinsi yang tergabung dalam paguyuban daerah masing-masing itu bertujuan untuk lebih mempererat hubungan silahturahmi dalam kehidupan sesama di daerah ini.
Maka acara dilaksanakan dengan tema : Yesus Kristus hikmat bagi kita semua dan subtema: Dengan hikmah natal kita mantapkan persatuan dan pembaruan kebangsaan dalam menunjang pembangunan daerah menuju Kalteng Berkah.
“Kami mengharapkan, perayaaan natal lintas etnis nusantara ini dapat menambah semangat kita untuk mempererat hubungan kebersamaan dalam kehidupan. Keragaman dan kebersamaan dalam bingkai NKRI kita wujudkan bersama, “ katanya.(bie/bbu).

BACA JUGA :  Gubernur Kunjungi Pelabuhan Bahaur

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *