Rab. Okt 21st, 2020

kbirayanews.com

Menyajikan Informasi Bernilai Edukasi

Sudah Waktunya Status Diskominfo Barsel Ditingkatkan

Palangka Raya, kbiraya – Mencermati perkembangan teknologi komunikasi informasi dewasa ini, Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Barito Selatan (Barsel) dinilai sudah waktunya ditingkatkan status setara type-A sejalan dengan cakupan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) yang harus dilaksanakan instansi tersebut.


Kepala Dinas Komonikasi dan informasi, statistik dan persandian Kabupaten Barito Selatan Suhardi di Buntok, Senin (28/1/2019) membenarkan kalau instansi itu perlu ditingkatkan status dari type-C ke type-A untuk menyeimbangi perkembangan kemajuan teknologi dengan tugas Dinas Komunikasi dan Informasi, Statistik, dan Persandian Barsel.

Diskominfo dan SP mengemban tugas pemerintah daerah berdasarkan asas otonomi dan tugas pembantuan di bidang komunikasi dan informatika yang berkaitan dengan pembinaan pos dan telekomunikasi, sarana komunikasi dan diseminasi informasi, aplikasi dan informatika dan statistik sektoral dan persandian.

Instansi yang menangani teknologi komunikasi dan informasi di Kabupaten Barito Selatan (Barsel) yang dipimpin Bupati Edy Raya Syamsi itu berstatus-C (type-C) dengan cakupan tugas tidak berbeda dengan type-A namun organisasi memerlukan solusi sesuai tupoksinya sehingga berbagai program berjalan sesuai harapan, terutama e-gobernment. Jika statusnya type-A tentu Diskominfo dan SP memiliki fungsi perumusan kebijakan teknis di bidang Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian sesuai dengan kebijakan yang ditentukan Bupati pembinaan, pengawasan, pengawasan dan pelaksanaan bidang Pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik.

Selain itu juga dilakukan pembinaan, pengawasan, pengawasan dan pelaksanaan kegiatan bidang Penyelenggaraan e-Government, pembinaan, pengawasan, pengawasan dan pelaksanaan bidang Statistik Sektoral dan Persandian, penyelenggaraan pelayanan umum dibidang Komunikasi dan Informatika, Statistik dan Persandian.

“Kalau sudah berstatus type-A juga dapat menyelenggarakan urusan kesekretariatan serta pembinaan terhadap Unit Pelaksana Teknis, pembinaan terhadap Kelompok Jabatan Fungsional. Ini sejalan dengan perkembangan teknologi komunikasi informasi masa kini. Semua ini baru dapat dilakukan jika status tersebut melekat,” katanya.

Susunan organisasi dinas juga berubah terdiri dari sekretariat, sub bagian perencanaan, sub bagian keuangan, sub bagian umum dan kepegawaian, bidang pengelolaan Informasi dan Komunikasi Publik, seksi Pengelolaan Media Informasi dan Komunikasi Publik, seksi Hubungan Media dan Layanan Informasi Publik, seksi Pengelolaan Opini Publik.

Ada juga bidang Penyelenggaraan e-Government, seksi Infrastruktur dan Teknologi, seksi Pengembangan Aplikasi, seksi Keamanan Informasi e-Government, bidang Statistik dan Persandian, seksi Penyelenggaraan Statistik Sektoral, seksi Penyelanggaran Persandian Unit Pelaksana Teknis Tata Usaha. (sky)

BACA JUGA :  Kalteng Kirim Delegasi ke Muktamar Muhammadiyah, Syar'i: Pemilihan Ketum Pendidikan Berdemokrasi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *