Jum. Okt 30th, 2020

kbirayanews.com

Menyajikan Informasi Bernilai Edukasi

Tugas Statistik Strategis di Diskominfo

Palangka Raya, kbiraya – Tugas dinas komunikasi dan informasi di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia kini bertambah bidang statistik dan persandian. Dua tugas ini terkait masalah data, dan harus ditangani secara khusus di masing-masing wilayah yang menjadi kewenangan instansi tersebut.


Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi, Statistik dan Persandian (Diskominfo dan SP) Barito Selatan, Suhardi yang dihubungi dari Palangka Raya, Selasa (29/1/2019), membenarkan kalau tugas yang diemban institusinya bertambah bidang statistik dan persandian, dan ini pada waktunya nanti akan disiapkan pegawai khusus untuk melaksanakan tugas tersebut.

“Semua tugas sudah dan akan terus dilaksanakan sesuai jumlah pegawai yang tersedia. Kami berupaya melaksanakan semua tugas tersebut, dan kami optimis akan terlaksana dengan baik meski belum maksimal karena terkait status yang diharapkan meningkat menjadi type-A untuk memudahkan pelaksanaan tugas ke depan,” katanya.

Dia menjelaskan, pegawai yang menangani bidang statistik memiliki tugas pokok menyusun bahan perumusan kebijakan, menyusun rencana program dan kegiatan, menyelenggarakan pengumpulan, pengolahan, penyajian, analisis, sinkronisasi, koordinasi data dan informasi, bidang sosial, ekonomi, sumber daya alam (SDA) dan infrstruktur serta evaluasi pelaksanaan program.

“Semua ini harus dilakukan pegawai prifesional, sehingga berbagai data terkait potensi daerah tersedia dan akurat. Selain itu, dilakukan penyiapan bahan ekspose/rilis data statistik sektoral, penyelenggaraan kegiatan forum data, penyusunan bahan fasilitasi dan koordinasi monitoring dan evaluasi pelaksanaan kegiatan statistik kerja sama dengan instansi terkait,” katanya.

Tugas untuk mendapatkan berbagai data berhubungan stattistik dapat dilakukan survey dengan instansi terkait seperti Badan Pusat Statistik (BPS). Semua tugas ini dilakukan dengan pegawai yang termasuk dalam seksi statistik sosial, statistik ekonomi, statistik SDA dan infrastrukur. Ini salah satu tugas tambahan di instansi ini, ujarnya.

Dalam hal tugas persandian ini terkait dengan keamanan informasi yang menjadi tanggung jawabnya. Pegawai yang bertanggung jawab soal persandian ini harus memiliki pengetahuan khusus bidang teknologi, karena masalah yang ditangani dominan terkait dengan sistem komunikasi antarpemerintah dan masyarakat.

“Semua tugas ini akan terlaksana secara maksimal. Kami berusaha semua tugas yang kini masuk dalam program dinas ini akan terlaksana dengan baik sehingga berbagai informasi data potensi, dan perkembangan terkini dari Barsel akan diketahui masyarakat secara cepat, dan akurat,” demikian Suhardi. (sky)

BACA JUGA :  FPK Kalteng Wujudkan Kebersamaan Dalam Natal Bersama

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *