Sab. Okt 24th, 2020

kbirayanews.com

Menyajikan Informasi Bernilai Edukasi

PWI Kalteng Kunjungi DKPP Surabaya

SURABAYA,8/2 (Kbiraya)-

Delegasi Kalimantan Tengah (Kalteng) yang menghadiri puncak peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2019, di Surabaya, Jawa Timur, menyempatkan diri mengunjungi Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Surabaya, Jumat (8/2/19).
Kunjungan rombongan yang terdiri dari jajaran pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi, PWI Kabupaten Kapuas, dan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) ini dipimpin Plt. Ketua PWI Sadagori Ririn Binti.
Rombongan diterima Kepala DKPP Kota Surabaya, diwakili Kabit Pertanian Rachmat.
Dalam kunjungan itu, rombongan diajak melihat langsung proses pengembangan usaha pertanian dan peternakan di areal Miniagrowisata di Komplek Kantor DKPP, Jalan Pagesangan II, Surabaya.
Kepala Bidang Pertanian DKPP Kota Surabaya, H Rachmat, menjelaskan, Miniagrowisata yang mereka kelola ini merupakan wadah percontohan budidaya aneka tanaman pangan, obat-obatan, dan hewan ternak.
Dikatakannya, Miniagrowisata ini mulai dibangun pada tahun 2002 lalu, dengan tujuan sebagai tempat pembelajaran terpadu mengenai budidaya pertanian, perikanan, dan peternakan bagi masyarakat di lingkungan perkotaan.
“Kita mengajak masyarakat untuk belajar dan mengenal tentang pentingnya ketahanan pangan dan menjaga keanekaragaman hayati di lingkungan perkotaan,” sebut Rachmat.
Adapun spot-spot yang dibangun di Miniagrowisata ini, antara lain, area pertanian sayuran dalam polibag, greenhouse tanaman sayuran, greenhouse surjan tanaman buah, greenhouse tanaman hasil kultur jaringan, greenhouse tanaman obat keluarga, kolam terapi ikan, dan zona outbond untuk anak-anak.
Plt Ketua PWI Kalteng Sadagori Ririn Binti, mengatakan, kunjungan ini dalam rangka mempelajari keberhasilan pengembangan budidaya pertanian dan peternakan yang dilakukan DKPP Kota Surabaya.
“Informasi yang kita gali ini nantinya akan kita sebarkan lewat pemberitaan, sehingga masyarakat tergerak untuk mengembangkan usaha pertanian dan peternakan di lahan mereka,” ujar Ririn.
Selain itu, sambungnya, lewat pemberitaan, pihaknya juga memotivasi pemerintah Kota Palangka Raya dan institusi terkait untuk membangun serta mengelola areal agrowisata semacam ini.
“Apalagi, dibandingkan dengan Surabaya ini, lahan-lahan yang ada di tempat kita (Palangka Raya) lebih luas dan banyak yang belum dimanfaatkan,” tandasnya. (sas/ bbu)

BACA JUGA :  Aisyiyah Kalteng Bebagi Paket Sembako untuk Warga 13 Kabupaten/Kota Se-Kalteng

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *