Sab. Okt 31st, 2020

kbirayanews.com

Menyajikan Informasi Bernilai Edukasi

Aparat Yang Berkhianat dan Tidak Netral Harus Dihukum Mati

PONTIANAK, 22 / 2 (Kbiraya)- Pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Supriyadi mengatakan, dalam pelaksanaan Pemilu aparat keamanan harus menunjukkan komitmennya untuk tetap netral. Jika terbukti ada aparat keamanan yang tidak netral maka harus ditindak tegas dengan hukuman mati.


Hal itu dikatakan pangdam XII Tanjungpura Mayjen TNI Supriyadi saat rakor Pemantapan Kesiapan Pengamanan Pemilu 2019 pada Kamis (21/2).
Ia mengatakan, netralitas aparat keamanan harus tetap dijaga artinya tidak boleh ikut terlibat dan berpihak epada salah satu calon jadi harus netral dan jangan berhianat. Jika ada yang tidak netral dan berhianat harus diberi sanksi dna tindakan tegas yaitu harus dihukum mati.
Dalam melaksanakan tugasnya dalam pengamanan Pemilu, harus berkerja dengan profesional sesuai dengan bidangnya dan sesuai dengan SOP. Namun diakui terkadang dalam SOP yang sudah disusun, tidak ada kejadian atau dinamika yang berkembang atau dinamika yang muncul dan harus diwaspadai.
Selanjutnya SOP yang dijalankan harus dilatih secara terus menerus dan bersinergi antara satu dengan yang lain. Selanjutnya pada saat ada korban pada pelaksanaan pengamanan Pemilu maka harus segera dengan cepat dan tepat diatasi agar konfliknya tida meluas.
Dalam setiap perencanaan, jangan pernah membuat perkiraan aman, boleh orang mengucapkan aman. Tetapi aparat harus tetap waspada dan prediksi tetap harus ada. Oleh sebab itu semua aparat harus tetap memegang komitmen yang kuat . Selanjutnya sinergi TNI dan Polri harus terbagun dari atas ke bawah yaitu dari Kapolri dan Panglima TNI, Kapolda dan Pangdam, hingga ke Kapolsek dan Koramil hingga yang paling bawah yaitu Babinsa.
Selain itu sinergisitas dan soliditas penyelenggara Pemilu dalam pelaksanaan pengamanan Pemilu sangat diperlukan. Pemilu aman apabila semua yang berkaitan dengan proses pelaksanaan Pemilu dapat dilaksanakan sesuai dengan waktu dan bagus serta cukup. ( sos/bbu)

BACA JUGA :  Polda Kalbar Amankan 107 Kg Narkoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *