PEMERINTAH TAIWAN BANTU BENCANA ALAM DI INDONESIA

oleh -7 views
Acara Resepsi Hari Nasional Rebuplik of China (Taiwan)

Palangka Raya, kbiraya (10/10) . Pemerintah Taiwan ikut membantu setiap terjadi bencana alam di Indonesia seperti gempa bumi dan tsunami yang terjadi di Lombok, Kota Palu, Sulewesi Tengah, dan provinsi lainnya di negeri ini.

“Saat gempa bumi tsunami di pulau Lombok, kota Palu dan provinsi lain di Sulawesi Tengah tahun lalu, pemerintah dan swasta Taiwan ikut membantu dana 2,86 juta dolar AS,” kata Kepala Perwakilan Ekonomi Taipei John Chen, Kamis (10/10/2019).

Dia mengatakan, sebagian dana digunakan untuk membangun kembali sekolah-sekolah, pusat kegiatan Islam, donasi tanggul, mobil ambulan, pakaian dan makanan lainnya di daerah bencana.

“Cinta kasih Taiwan memberikan secercah harapan baru dibalik musibah bencana,” kata John Chen saat berpidato pada acara resepsi Hari Nasional Republic of China (Taiwan) ke-108 di Jakarta yang dihadiri sejumlah pejabat pemerintah Indonesia.

Kepala Taipei Economic and Trade Office (TETO) itu mengatakan, kerja sama antara Taiwan dan Indonesia tidak terbatas pada masalah ini saja, tapi juga di beberapa sektor lainnya.

Pada saat gempa bumi dan tsunami di Provinsi Aceh 26 Desember 2004 yang jatuh korban jiwa sekitar 200 ribu orang itu, pemerintah Taiwan juga membantu berbagai kebutuhan, termasuk membangun rumah korban.

Kerja sama pertanian, pencegahan dan pengendalian demam berdarah, pemetaan tanah, perawatan medis, proses pembuangan sampah, dan daur ulang adalah bidang kerja sama yang substantial antara kedua negara.

Dengan kebijakan baru ke Arah Selatan yang terus dipromosikan ini, yakin kerja sama win win solusi yang erat antara Taiwan dan Indonesia akan terus meningkat di masa mendatang.

Resepsi Perayaan Nasional ROC (Taiwan) tahun ini, selain diikuti sejumlah outlet Taiwan yang terkenal seperti Din Tai Fung, Chatime, Xing Fu Tang, Snowmonsters, dan kopi “Golden Malabar” yang didirikan perusahaan Taiwan selama bertahun-tahun di Indonesia.

BACA JUGA :  SKIPJACK DORONG ZETANET INTERNET APLIKASI CANGGIH

Pada acara resepsi itu juga dipajangkan patung es besar dari gedung Taipei 101, yang memungkinkan para tamu untuk merasakan “Taiwan Taste ” di Indonesia.
Selain itu, tahun ini juga ditayangkan film Hari Nasional “Berani dan Percaya Diri, Berlayar dengan Dunia”.

Film tersebut diproduksi oleh Kementerian Luar Negeri Taiwan, yang memungkinkan para tamu belajar tentang sains dan teknologi Taiwan dan perkembangan ekonomi politik, termasuk melihat keindahan pemandangan alam Taiwan, dan mengenal ragam budaya Taiwan. (kbi/sky).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *