Perbaikan Jalan di Katingan Hulu Mendesak, Bupati : Kewenangan Provinsi

oleh -4 views
Salah satu titik kerusakan jalan penghubung Kasongan-Tumbang Samba-Tumbang Sanamang di Kecamatan Katingan Hulu, Kabupaten Katingan.

Kasongan, kbiraya (7/1) – Pembenahan infrastruktur jalan darat masih menjadi dambaan masyarakat Kabupaten Katingan terutama di wilayah Kecamatan Katingan Hulu. Sayangnya, proses perbaikan oleh Pemerintah Kabupaten belum memungkinkan dilakukan, mengingat jalur darat yang rusak merupakan kewenangan Pemerintah Pusat maupun Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

Salah satu jalur yang diharapkan masyarakat segera dibenahi adalah ruas yang menghubungkan wilayah Tumbang Samba menuju Tumbang Sanamang.

Menurut Bupati, kewenangan pengelolaan jalan strategis nasional ini telah diserahkan pemerintah pusat ke Pemrov Kalteng. “Jalan tersebut provinsi yang menangani. Bukan Kewenangan Kabupaten,” kata Sakariyas kepada wartawan, baru-baru ini.

Sebelumnya, sejumlah warga mengeluhkan kondisi jalur tersebut yang dirasa sulit dilewati. Selain karena kontur jalan masih berupa tanah pengerasan dan di beberapa titik terputus oleh aliran anak sungai.

“Ada dua titik yang kondisinya (kerusakan) cukup parah. Yaitu di Desa Tumbang Bemban dan Desa Pariyei. Di situ sering terjadi antrean panjang kendaraan,” ujar Agus yang berprofesi sebagai sopir angkutan umum jurusan Kota Kasongan-Tumbang Sanamang. Agus menambahkan, kendati harus berjuang keras, ruas jalan tersebut tetap mereka lintasi demi mengantarkan penumpang sampai ke tujuan. “Walaupun demikian (rusak), masih bisa dilalui,” ujarnya.  (pnd/sar)

BACA JUGA :  Ketua DAD Kecewa Sikap PT AGL

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *