Ming. Mar 29th, 2020

kbirayanews.com

Menyajikan Informasi Bernilai Edukasi

Dua Tokoh Kalteng Dukung Riban Satia Maju ke Pilkada

HM Riban Satia

Palangka Raya, kbiraya (13/1) – Hasrat mantan Walikota Palangka Raya HM Riban Satia maju ke pemilihan kepala daerah (Pilkada) Gubernur dan Wakil Gubernur (Wagub) Kalimantan tengah (Kalteng) tahun 2020 mendapat dukungan sejumlah tokoh daerah. Dukungan itu antara lain disampaikan Sabran Achmad, dan ulama Barito Utara (Barut) Habib Artum.

Sabran Achmad dalam pernyataan politiknya di Palangka Raya, mengatakan, Riban merupakan sosok ideal untuk memimpin Bumi Tambun Bungai sepanjang 5 tahun ke depan. Pasalnya, walikota Palangka Raya dua periode tersebut dinilai memiliki prasyarat yang diperlukan untuk memimpin Kalteng 5 tahun ke depan.

Sabran yang merupakan salah satu tokoh penyiapan pembentukan Provinsi Kalteng menjelaskan, prasyarat itu antara lain, figur dimaksus harus mampu memanajemen dana ratusan miliar yang dibebankan kepada APBD Kalteng untuk digunakan sebaik-baiknya dalam membangun daerah.

Kemudian, sang figur juga harus mampu memaksimalkan penggunaan sumber daya alam (SDA), terutama yang tidak bisa diperbarui, untuk menopang pembangunan.

Selanjutnya, figur pemimpin perlu memiliki orientasi pembangunan ekonomi masyarakat perdesaan atau pedalaman. Tujuannya, memutus rantai kesenjangan perekonomian rakyat di seluruh wilayah Kalteng.

Selain itu, lanjut Sabran, figur pemimpin harus bisa meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) Kalteng. Bukti keberhasilan pembangunan SDM, yakni hidup dengan rukun, tidak SARA, bisa saling menolong, berpikir maju serta mendunia.

Selain Sabran Achmad, dukungan terhadap wacana pencalonan Riban juga disampaikan tokoh ulama Kabupaten Barito Utara (Barut) Habib Artum. Dukungan itu disampaikan Habib Artum secara langsung saat menerima kunjungan silaturahmi Riban, di Desa Mangkatip, Barut, baru-baru ini.

Habib Artum berpesan, apabila Riban terpilih menjadi pemimpin Kalteng kelak, dia harus mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dengan menyelesaikan berbagai kesulitan yang mereka hadapi.

BACA JUGA :  Gerindra Prioritaskan Usung Kader Partai Sendiri di Pilkada Kalteng dan Kotim

Pesta demokrasi Pilkada Kalteng 2020 sendiri akan mencapai puncaknya pada September mendatang. Selain Riban, sejumlah nama calon kandidat juga mulai dimunculkan untuk maju dalam persaingan.

Nama-nama tersebut, antara lain, petahana Sugianto Sabran, Abdul Razak, Nadalsyah, Ben Brahim, Sigit K Yunianto dan lainnya. (sar)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *