Sen. Feb 17th, 2020

kbirayanews.com

Menyajikan Informasi Bernilai Edukasi

Dicari! 69 Ribu Orang Warga untuk Gelar Pilgub Kalteng

Ketua KPU Kalteng Harmain

Palangka Raya, kbiraya – Rangkaian proses Pemilihan Umum Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Kalimantan Tengah (Kalteng) telah berjalan. Pesta demokrasi ini akan mencapai puncaknya pada hari pemungutan suara, 23 September 2020 mendatang.

Untuk menyukseskan hajatan politik daerah itu, Komisi Pemilihan Umum (KPU) memerlukan keterlibatan langsung masyarakat luas. Jumlah partisipan yang akan direkrut untuk membantu KPU menggelar Pilgub diproyeksikan sebanyak 69.470 orang.

“Sejak 15 Januari hingga 15 Februari 2020 kita sudah membuka pendaftaran Petugas Pemilu Kecamatan (PPK). Kami mengundang seluruh lapisan masyarakat yang memenuhi syarat untuk berpartisipasi menjadi penyelenggara ad hoc ini,” ujar Ketua KPU Provinsi Kalteng Harmain, pada kegiatan rapat koordinasi membahas potensi sengketa hukum dan kode etik/perilaku penyelenggara Pilgub Kalteng tahun 2020, di SwissBell Hotel Danum, Palangka Raya, Kamis (16/1).

Dijelaskan Harmain, seluruh petugas penyelenggara Pilgub itu nantinya akan disebar di seluruh Tempat Pemungutan Suara (TPS) di seluruh wilayah Kalteng. KPU memproyeksikan, total jumlah TPS untuk menggelar Pilgub ini sebanyak 4.714 unit.

Di kesempatan yang sama, Anggota Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Republik Indonesia Dr H Alfian Salam, dalam paparannya, meminta peran masyarakat Kalteng untuk melakukan pengawasan potensi pelanggaran etik para penyelenggara Pilgub.

Pengawasan tersebut diharapkan menjadikan seluruh rangkaian Pilgub ini berjalan jujur dan adil. Dengan begitu, pesta demokrasi 5 tahunan itu dapat menghasilkan kepala daerah yang berkualitas.

“Silakan lapor ke DKPP, Jalan MH Thamrin, Jakarta, diserta bukti. Kami tidak bisa menerima ‘surat kaleng’. Sudah sering kami terima itu,” tegas Alfian. (sar)

BACA JUGA :  Maju ke Pibup Kotim, Ibu Rambat: Insya Allah Saya Siap!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *