Sen. Feb 17th, 2020

kbirayanews.com

Menyajikan Informasi Bernilai Edukasi

Cegah Terjangkit Virus Corona, Ini Caranya!

FOTO : ILUSTRASI (NET)

PALANGKA RAYA, KBIRAYA – Keresahan akibat penyebaran virus Corona Wuhan atau coronavirus n-CoV novel masih menjadi perbincangan masyarakat internasional. Pasalnya, tidak hanya kemunculannya yang tergolong cepat dan tiba-tiba, penyakit ini belum diketahui asal dan cara penyembuhannya.

Dari Wuhan, China, penyakit ini menyebar cepat ke beberapa negara lain, seperti Singapura, Vietnam, Hong Kong, Thailand, Taiwan, dan lainnya.

Virus corona sebenarnya banyak didapati di hewan. Sementara, awalnya warga yang terinfeksi virus corona 2019-nCoV di Wuhan menderita penyakit itu setelah makan sup ular. Ditengarai kalelawar pun punya virus itu dan bisa menularkannya.

Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI) dr Daeng Mohammad Faqih, mengatakan, sampai sekarang belum ada laporan bahwa virus corona jenis baru (2019 novel coronavirus, 2019-nCoV) merupakan penyebab tunggal dari kematian para korban yang terinfeksi.

“Sudah ada kasus kematian, tapi yang dilaporkan kasus kematiannya kemarin berdasarkan laporan terakhir WHO itu penyebabnya bukan tunggal karena virus (2019-nCoV),” kata Daeng, seperti dikutip dari LKBN Antara, Minggu (26/1/2020).

Menurut Daeng, korban meninggal terinfeksi virus corona saat mereka sedang mengidap penyakit lain seperti diabetes dan gagal ginjal. Begitu terinfeksi virus corona, kondisi tubuh pasien bertambah parah sampai dapat menyebabkan kematian.

Dilansir dari situs WHO, sejauh ini tanda-tanda dan gejala klinis utama yang dilaporkan dalam wabah tersebut antara lain batuk, demam, sesak napas, dan gangguan pernapasan lainnya.

Rekomendasi standard WHO bagi masyarakat umum untuk mengurangi risiko penularan berbagai penyakit meliputi kebersihan tangan, pernapasan, dan praktik makanan yang aman.

Adapun penecegahan penularan virus corona dari WHO dijabarkan sebagai berikut:

  • Hindari kontak dekat dengan siapa pun yang menderita demam dan batuk.
  • Selalu menjaga kebersihan tangan dengan cara mencuci tangan menggunakan air mengalir dan sabun selama 20 detik lalu bilas. Jika perlu, bersihkan tangan dengan air berbasis alkohol.
  • Menerapkan etika batuk dan bersin yang baik dengan cara menutup hidung dan mulut dengan tisu atau lengan baju sehingga tidak menularkan ke orang lain.
  • Makan makanan bergizi seimbang.
  • Mengonsumsi buah-buahan dan sayuran.
  • Melakukan olahraga minimal setengah jam setiap hari
  • Cukup istirahat.
  • Ketika mengunjungi pasar langsung di daerah yang saat ini mengalami kasus coronavirus baru, hindari kontak langsung tanpa perlindungan dengan hewan hidup dan permukaan yang bersentuhan dengan hewan.
  • Hindari mengkonsumsi produk hewani seperti daging mentah, susu, atau organ hewani dalam kondisi mentah atau belum diolah.
BACA JUGA :  Ibu Gubernur Kampanyekan Minum Air Putih

Jika Anda atau kerabat Anda merasakan gejala umum dari pneumonia, seperti demam, batuk, dan sulit bernapas segera konsultasikan ke dokter guna mendapatkan penanganan, dan bagikan riwayat perjalanan sebelumnya dengan penyedia layanan kesehatan. (SAR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *