Sel. Okt 27th, 2020

kbirayanews.com

Menyajikan Informasi Bernilai Edukasi

Hulu Sungai Tengah Terbanyak Penderita Gangguan Jiwa

ILUSTRASI (NET)

PALANGKA RAYA, KBIRAYA – Masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST), Kalimantan Selatan (Kalsel) patut prihatin. Pasalnya, jumlah Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) di kabupaten ini menjadi yang terbanyak dibanding di kota/kabupaten lain se-Kalsel.

Data Dinas Kesehatan Kabupaten HST yang didasari laporan dari Puskesmas di seluruh daerah ini menyebutkan, pada tahun 2019 jumlah ODGJ sebanyak 279 orang. Dari jumlah tersebut, 6 orang terpaksa dipasung oleh pihak keluarga masing-masing.

Sekretaris Dinas Kesehatan HST Sakdillah, mengatakan, kasus ODGJ tertinggi berada di wilayah kerja Puskesmas Barabai. Sedanhkan jumlah kasus terendah berada di wilayah kerja Puskesmas Tandilang.

“Berdasarkan Riskesdas Tahun 2018, Prevalensi rumah tangga dengan ART gangguan jiwa skizofrenia/psikosis di Indonesia adalah 6,7 persen dan Kalimantan Selatan sebanyak 5,1 persen,” kata Sakdillah, di Barabai, seperti dikutip dari LKBN Antara, pekan tadi.

Sedangkan untuk Kabupaten HST adalah 13,58 persen, lebih tinggi dari angka nasional dan provinsi merupakan yang tertinggi dari seluruh Kabupaten Kota di Provinsi Kalimantan Selatan.

ditambahkannya, beberapa penyebab orang mengalami gangguan jiwa yang diantaranya adalah stres berat untuk waktu yang lama, trauma signifikan, kekerasan dalam rumah tangga atau pelecehan lainnya, kekerasan pada anak, faktor genetik, kelainan otak dan cedera kepala. (SAR)

BACA JUGA :  Kapolri Pantau Karhutla di Kalimantan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *