Kam. Okt 22nd, 2020

kbirayanews.com

Menyajikan Informasi Bernilai Edukasi

DKP Se-Indonesia Evaluasi Kinerja di HPN Kalsel

Ketua DKP Kalteng H Sutransyah

PALANGKA RAYA – Dewan Kehormatan Provinsi (DKP) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) se-Indonesia bakal bertemu pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020, di Kalimantan Selatan (Kalsel), 7-10 Februari mendatang. Pertemuan diisi agenda evaluasi dan upaya  mempertajam pengawasan ketaatan para wartawan dalam menerapkan Kode Etik Jurnalistik.

Ketua DKP Kalteng H Sutransyah, kepada wartawan, di Palangka Raya, Jumat (31/1/2020), menjelaskan, pihaknya akan hadir pada pertemuan jajaran DKP se-Indonesia dalam rangkaian peringatan HPN di provinsi tetangga itu.

“Untuk puncak peringatan HPN digelar pada 9 Februari, dihadiri Presiden Republik Indonesia, para menteri Kabinet Kerja, duta besar negara sahabat, pengurus PWI Pusat, PWI Provinsi se-Indonesia, Dewan Kehormatan PWI Pusat dan DKP se-Indonesia, serta insan pers dari berbagai daerah,” kata Sutransyah.

Dia melanjutkan, rangkaian agenda HPN akan diisi dengan kegiatan forum diskusi, dialog, sosialisasi, talkshow penghargaan Adinegoro, bakti sosial, seminar, peluncuran buku, ramah tamah dengan Gubernur Kalsel, konsolidasi Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI), rapat kerja nasional Seksi Wartawan Olahraga (SIWO), pelatihan jurnalistik, konvensi nasional media massa, lomba-lomba jurnalistik, Uji Kompetensi Wartawan (UKW), dan puncak peringatan HPN itu sendiri.

“Khusus DKP se-Indonesia akan menggelar kegiatan tersendiri, yakni konsolidasi dengan Ketua Dewan Kehormatan Pusat Ilham Bintang. Pokok bahasan dalam pertemuan itu adalah meningkatkan peran DKP dalam pengawasan pelanggaran Kode Etik Jurnalistik di kalangan wartawan, khususnya anggota PWI,” papar Sutransyah.

Dia melanjutkan, pada pertemuan itu, DKP bersama Ketua Dewan Kehormatan PWI Pusat akan membahas langkah-langka yang perlu dilakukan dalam memaksimalkan perannya sesuai tugas dan tanggung jawab sesuai Peraturan Dasar dan Peraturan Rumah Tangga PWI.

“DKP memegang peranan dalam meningkatkan penghayatan dan ketaatan terhadap Kode Etik Jurnalistik para wartawan anggota PWI, serta mensosialisasikannya di kalangan pemerintah dan masyarakat,” sebut mantan Ketua PWI Kalteng tiga periode berbeda itu.

BACA JUGA :  Dewan Pers Minta Media Massa di Kalteng Segera Lengkapi Syarat Verifikasi

Sutransyah menegaskan, dewan kehormatan adalah satu-satunya lembaga yang berwenang menetapkan telah terjadinya pelanggaran kode etik jurnalistik dan menetapkan sanksi terhadap pelanggarnya. (SAR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *