Kam. Okt 29th, 2020

kbirayanews.com

Menyajikan Informasi Bernilai Edukasi

Kalteng Kirim Delegasi ke Muktamar Muhammadiyah, Syar’i: Pemilihan Ketum Pendidikan Berdemokrasi

MUKTAMAR MUHAMMADIYAH - Koordinator panitia pemberangkatan H Daryana menunjukkan syal bertuliskan Kalimantan Tengah yang sedianya digunakan delegasi Bumi Tambun Bungai pada Muktamar Muhammadiyah di Surakarta, Juli 2020 mendatang.

PALANGKA RAYA – Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalimantan Tengah (Kalteng) akan mengirimkan delegasi menghadiri Muktamar ke-48 di Surakarta, Jawa Tengah, Juli 2020 mendatang. Agenda utama kegiatan itu adalah pemilihan ketua umum (Ketum) Pengurus Pusat (PP) Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah masa periode 2020-2025.

Persiapan keberangkatan delegasi Kalteng ini dimatangkankan dalam Sosialiasi Muktamar ke-48 Muhammadiyah, di komplek Perguruan Tinggi Muhammadiyah, Palangka Raya, Sabtu (1/2/2020).

Kegiatan dihadiri Ketua PWM Kalteng H Ahmad Syar’i, Wakil Ketua Bidang Politik dan Hukum Dr H Muhammad Yusuf S.Sos., M.AP, dan jajaran pengurus lainnya, serta perwakilan daerah Muhammadiyah dan ‘Aisyiyah se-Kalteng.

Ketua PWM Kalteng H Ahmad Syar’i saat membuka sosialiasi, mengatakan, arti penting Muktamar ke-48 ini bukan saja penentuan susunan kepengurusan pusat dan program kerja secara nasional. Lebih dari itu, muktamar dengan agenda utama penentuan Ketum dan susunan kepengurusan PP Muhammadiyah merupakan bagian pendidikan politik dan demokrasi kepada masyarakat luas.

Disebutkan Syar’i, kader Muhammadiyah patut berbangga karena di tiap pemilihan petinggi di organisasi ini tidak pernah terjadi sengketa usai proses pemilihan.

“Konsep yang dijalankan Muhammadiyah itu tidak memberi kemungkinan potensi munculnya sengketa pascapemilihan. Ini yang juga perlu disosialisasikan ke masyarakat,” ajak Syar’i.

Mantan Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kalteng ini menambahkan, dari seluruh kontingen Kalteng, pemegang hak suara pada Muktamar di Surakarta Juli 2020 mendatang akan lebih banyak dibanding muktamar sebelumnya. Pada Muktamar ke-47 di Makassar, Kalteng memiliki 62 hak suara untuk ikut memilih calon Ketum PP Muhammadiyah.

Syar’i meminta para pemegang hak suara ini untuk aktif memperhatikan aktifasi keanggotaannya karena pendaftaran peserta Muktamar nanti akan menggunakan sistem online.

Sebelumnya, koordinator panitia pemberangkatan yang juga Sekretaris PWM Kalteng H Daryana, dalam laporannya, mengatakan, selain sosialisasi, pertemuan di Palangka Raya ini juga digelar untuk proses pendataan peserta maupun penggembira Muktamar ke-48 Muhammadiyah asal Kalteng.

BACA JUGA :  Anak-anak Masih 'Hijau', Rawan Terpapar Radikalisme

Insya Allah pada Maret mendatang nama-nama anggota kontingen sudah selesai didaftarkan,” ujar Daryana. (SAR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *