Rab. Okt 28th, 2020

kbirayanews.com

Menyajikan Informasi Bernilai Edukasi

Teror Makhluk Ini Bikin Warga Palangka Raya Ketakutan

PALANGKA RAYA, KBI RAYA – Perasaan takut menghantui warga Jalan Arut Bawah dan Jalan Anoi, Kota Palangka Raya. Mereka khawatir menjadi korban gigitan tawon ndas atau tabuan dalam bahasa lokal yang bersarang di salah satu tiang listrik sisi jalan kawasan itu sekitar sepekan terakhir.

“Kami di sini takut jika diserang tawon itu. Kebetulan (sarangnya) ada di jalan keluar masuk (komplek),” ujar Evi (29 tahun) warga setempat yang tinggal tak jauh dari lokasi sarang tawon tersebut.

Kekhawatiran juga dialami masyarakat Jalan Anoi yang sering melintasi lokasi dekat sarang tawon saat menuju kediaman mereka.

“Informasinya, sudah banyak warga yang digigit,” ujar Anto (35 tahun), salah satu warga Jalan Anoi yang biasa melewati lokasi sarang untuk beraktivitas.

Lantaran khawatir, warga lantas menyampaikan informasi tersebut ke tim Emergency Response Palangka Raya (ERP).  Rabu (5/2/2020), kelompok relawan ini datang ke lokasi untuk melakukan pengamanan. Sayangnya evakuasi sarang tawon tersebut belum bisa dilakukan karena terkendala kelengkapan peralatan.

“Kita kordinasikan dulu dengan pihak Damkar (Pemadam Kebakaran). Peralatan penanggulangan kita tidak memiliki,” ujar Hendra, Kordinator ERP bidang Animal Rescue atau penanganan hewan.

Hingga berita ini diturunkan, sarang tawon tersebut masih belum dapat dipindahkan. Warga setempat hanya bisa mengamankan diri dan keluarganya, terutama anak-anak dengan cara tidak beraktivitas di dekat sarang tawon itu.

Tawon ndas sendiri merupakan lebah penyengat berukuran cukup besar dengan ciri fisik berwarna hitam dan lambung oranye.  Hewan dengan nama latin Vespa Affinis itu akan menggigit dan mengeluarkan bisa ke manusia jika merasa diri dan sarangnya terancam.

Gigitan makhluk itu akan menyebabkan kesakitan yang hebat serta pembengkakan dalam jangka waktu beberapa hari. Bahkan, terdapat kasus dimana serangan tawon ini menyebabkan kematian korban. (AJN/SAR)

BACA JUGA :  Simpan Sabu, Penghuni Barak di Yos Sudarso Dibekuk Polisi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *