Jum. Okt 23rd, 2020

kbirayanews.com

Menyajikan Informasi Bernilai Edukasi

WHO Sejatinya Netral Tangani Kesehatan Dunia

PALANGKA RAYA, KBIRAYA – Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) sejatinya netral dan tidak berada di bawah tekanan China dalam menangani masalah kesehatan masyarakat di Taiwan.

“Meskipun Taiwan telah membentuk jalur komunikasi dengan WHO di bawah kerangka Peraturan Kesehatan Internasional (IHR), WHO selalu berada di bawah tekanan dari China,” demikian siaran pers Taipei Economic and Trade Office (TETO) yang diterima kbiraya di Palangka Raya, Jumat (7/2/2020).

WHO tidak menanggapi permintaan khusus Taiwan untuk informasi tentang wabah virus ini, dan tidak mengundang para ahli Taiwan untuk berpartisipasi dalam pertemuan “Komite Darurat” yang terkait dengan pencegahan epidemi.

Tindakan ini telah mencegah Taiwan untuk mendapat informasi perkembangan epidemi terbaru dan lengkap dengan tepat waktu, dan tidak bisa terlibat dalam diskusi tentang metode pencegahan dan pengendalian.

“Republik Rakyat Tiongkok ( People’s Republic of China) tidak pernah sekalipun memerintah Taiwan, dan Taiwan jelas bukan bagian dari Republik Rakyat Tiongkok,” tulisnya dalam siaran pers tersebut.

Hanya pemerintah terpilih yang mewakili kesehatan dan kesejahteraan 23 juta rakyat di Taiwan dalam komunitas internasional, serta bertanggung jawab merawat kesehatan dan kesejahteraan rakyat Taiwan, warga asing dan sekitar 300 ribu orang Indonesia yang menetap di Taiwan.

Dalam menghadapi epidemi pneumonia Wuhan yang ganas ini, negara-negara di Amerika Serikat, Jepang, Uni Eropa, Kanada, dan negara-negara diplomatik Taiwan semuanya secara terbuka mendukung partisipasi dan keanggotaan Taiwan di WHO.

Taiwan mengimbau Indonesia dan negara-negara lain mendesak WHO agar menyajikan informasi epidemi pneumonia Wuhan dengan benar, dan tidak menyamakan Taiwan dengan China. Mendesak WHO untuk secara profesional mengundang Taiwan menghadiri semua konferensi anti-epidemi. “Kami mengimbau Indonesia dan negara lain untuk mendukung Taiwan sebagai pengamat menghadiri pertemuan WHA dan WHO ke-73 tahun ini, melindungi kesehatan dan kesejahteraan semua umat manusia,” demikian siaran perd TETO. (SKY/KBI)

BACA JUGA :  Covid-19 Ancam Kesehatan Ekonomi Dunia

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *