Sen. Apr 6th, 2020

kbirayanews.com

Menyajikan Informasi Bernilai Edukasi

“Sugianto Sabran” jadi Nama Jalan Layang Penghubung Pangkalan Bun-Kolam

JALAN LAYANG - Gubernur didampingi pejabat terkait dan tokoh pengusaha H Abdul Rasyid meninjau jalan layang “Sugianto Sabran” sete;ah diresmikan, akhir pekan tadi. FOTO : DOK. HUMAS PEMPROV

PALANGKA RAYA, KBIRAYA – Peresmian jalan layang di ruas jalan lintas penghubung Kota Pangkalan Bun-Kecamatan Kotawaringin Lama (Kolam) menjadi agenda kunjungan kerja serta silaturahmi akbar Gubernur Kalimantan Tengah (Kalteng) H Sugianto Sabran di Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar). Jalan layang ini pun dinamai Jalan Layang “Sugianto Sabran”.

Peresmian jalan layang yang digelar Sabtu (15/2/2020) itu dihadiri Anggota DPR-RI H Agustiar Sabran, Wakil Ketua DPRD Provinsi Kalteng H Abdul Razak, Sekretaris Daerah (Sekda) Fahrizal Fitri, Bupati dan Wakil Bupati Kobar, Bupati Lamandau, Bupati Sukamara, jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah,  serta jajaran perangkat daerah provinsi/kabupaten.

Hadir pula kedua orangtua Sugianto Sabran, dan sang paman sekaligus pengusaha terkenal asal Pangkalan Bun H Abdul Rasyid.

Jalan layang yang membentang di ruas jalan penghubung Pangkalan Bun-Kolam ini meliputi pile slab A, B, dan C.  Total panjang jalan layang ini mencapai 3 kilometer dan lebar 9 meter (termasuk trotoar).

Adapun jarak keseluruhan jalan lintas yang menghubungkan Kota Pangkalan Bun-Kecamatan Kolam menuju Kabupaten Sukamara dan Lamandau itu sekitar 45 kilometer.

Gubernur, mengatakan, kegiatan fisik pembangunan jalan layang dimulai pada 2018 lalu. Sedangkan pembiayaannya menggunakan sistem multiyears.

Alhamdulillah selesai tepat waktu pada tahun 2019. Semoga ini jalan menjadi berkah bagi kita semua,” ujar Gubernur.

Sebelumnya, Sekda Provinsi Kalteng Fahrizal Fitri dalam laporannya, mengatakan, pembangunan jalan layang ini merupakan realisasi atas visi dan misi Gubernur/Wakil Gubernur dalam pengembangan transportasi dan infrastruktur di Kalteng.

“Dengan diresmikannya jembatan layang Pangkalan Bun-Kolam ini dapat digunakan untuk mempersingkat jarak tempuh sehingga mempercepat pertumbuhan ekonomi, memperlancar jalur distribusi,” ujar Fahrizal.

Selain meresmikan jalan layang, kunjungan Gubernur juga dirangkai dengan lounching Samsat Online Nasional (Samolnas) Kalteng untuk memudahkan pembayaran pajak masyarakat setempat, peresmian dermaga perikanan di Kecamatan Kumai, dan penanaman bibit pohon mangrove di Desa Kubu.

BACA JUGA :  Rayaniatie: Perempuan Gumas Pantas Berperan di Pembangunan

Di luar agenda resmi pemerintahan, Gubernur juga menggelar silaturahmi akbar bertempat di kediaman pamannya, pengusaha Kobar H Abdul Rasyid AS.

Di acara tersebut, Gubernur mengundang sejumlah tokoh dari berbagai latar belakang, pimpinan organisasi, dan undangan lainnya mencapai seribuan orang. (SAR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *