Jum. Okt 23rd, 2020

kbirayanews.com

Menyajikan Informasi Bernilai Edukasi

Ini Prioritas Eddy Raya jika Terpilih Pimpin Koni Kalteng

PALANGKA RAYA, KBIRAYA – Tokoh Kalimantan Tengah yang juga Bupati barito Selatan (Barsel) H Eddy Raya Syamsuri telah mendaftarkan diri maju ke pemilihan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia Provinsi Kalimantan Tengah (Koni Kalteng). Niatan Eddy Raya untuk memimpin organisasi ini mendapat dukungan dari beberapa Pengurus Provinsi Cabang Olahraga (Pengprov Cabor), Pengurus Koni Daerah, dan sejumlah tokoh.

Seperti diketahui, proses pemilihan ketua dan kepengurusan baru Koni Kalteng mengalami deadlock pada Musyawarah Olahraga Provinsi (Musorprov) beberapa waktu lalu. Hal demikian mengancam kesiapan kontingen Bumi Tambun Bungai di Pekan Olahraga Nasional (PON) XX pada Oktober-Nopember 2020 di Papua.

Guna mengatasi permasalahan itu, Karetaker Ketua Koni Kalteng akan menggelar proses pemilihan ulang pucuk pimpinan melalui Musorprov Luar Biasa (Musorprovlub) dalam waktu dekat ini, dengan menunjuk Tim Penjaringan Penyaringan (TPP) yang beranggotakan Lukman Husain, Budi Utoro, Sylvanus Ales Sea, dan Frans Lukas Samad.

Hingga penutupan pendaftaran bakal calon, akhir pekan tadi, telah mengajukan diri dua kandidat, yakni H Eddy Raya dan Christian Sancho.

Sekretaris TPP Lukman Husain, di kesempatan itu, membenarkan, pihaknya telah menerima berkas pendaftaran dari dua bakal calon, baik Eddy Raya maupun Sancho.

Lukman menyebut, tugas tim penjaringan menerima berkas pendaftaran, kemudian melakukan validasi dan verifikasi. Hasilnya akan dilaporkan ke karetaker dan akan disampaikan pada saat Mosorprovlub.

“Karetaker dan tim penjaringan menjalankan tugas sesuai dengan aturan yang sudah dibuat. Niat kami baik, ingin membantu agar Kalteng bisa berkiprah di PON. Kalau konflik terus menerus, maka yang jadi korban adalah atlet,” tandas Lukman.

Eddy Raya sendiri mendaftar ke Sekretariat Koni Kalteng, di Palangka Raya, Jumat (16/2/2020). Anak kedua dari mantan Gubernur (Alm) H Asmawi Agani itu datang didampingi sejumlah Pengurus Provinsi Cabang Olahraga (Pengprov Cabor), dan pengurus Koni Daerah.

BACA JUGA :  Eks Timnas Hingga Pemain Naturalisasi Masuk Seleksi Kalteng Putra FC, Ini Daftarnya

“Saya siap mengabdi di KONI Kalteng,” kata Eddy Raya saat menyerahkan berkas persyaratan pendaftaran bakal calon Ketua Koni kepada tim penjaringan.

Dia menjelaskan, niatnya maju ke pemilihan Ketua Koni ini merupakan panggilan hati untuk meningkatkan prestasi olahraga Bumi Tambun Bungai.

Jika terpilih sebagai Ketua Koni Kalteng pada Musorprovlub mendatang, dirinya telah menyusun langkah-langkah prioritas yang perlu dilakukan. Salah satunya adalam melakukan konsolidasi dengan atlet dan seluruh stakeholder untuk menyongsong PON di Papua.

“Kami berharap dukungan dari Pemerintah Provinsi dan DPRD Kalteng, juga Pengprov Cabor dan KONI Daerah untuk membesarkan Kalteng. Kami ingin PON XX di Papua nanti diikuti Kalteng dengan persiapan yang matang,” ujar Eddy Raya.

Selain berlatar belakang Bupati barito Selatan, Eddy Raya merupakan tokoh muda yang sarat pengalaman memimpin sejumlah organisasi. Tokoh yang juga dikenal sebagai pengusaha itu merupakan mantan Ketua Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) dan Kamar Dagang Indonesia (Kadin) Provinsi Kalteng.

Di dunia olahraga daerah, penggemar sepakbola itu merupakan pendiri PS Peteng Penyang, klub semi profesional di Kalteng yang banyak menuai prestasi lokal, regional, bahkan nasional di era tahun 1990-an.

APRESIASI TOKOH PERS

Terpisah, majunya Eddy Raya ke bursa pemilihan Ketua Koni Kalteng ini mendapat apresiasi dari Ketua Serikat Media Siber Indonesia (SMSI) Kalteng H Sutransyah.

Ditemui Senin (17/2/2020), tokoh pers yang juga Ketua Dewan Kehormatan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalteng itu, mengatakan, Eddy Raya merupakan sosok muda yang familiar dengan semua pihak, enerjik, dan memiliki mobilitas tinggi untuk menjalankan roda organisasi.

“Beliau punya latar belakang panjang dalam membina organisasi, baik di KNPI, Kadin, dan beberapa organisasi lain. Pengalaman memanejemen organisasi ini akan sangat menguntungkan jika kelak terpilih memimpin Koni,” tutur Sutransyah. (SAR)

BACA JUGA :  Pergantian Jitu Luis Milla Hantar Indonesia ke Semifinal

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *