Jum. Okt 30th, 2020

kbirayanews.com

Menyajikan Informasi Bernilai Edukasi

Sikapi Perubahan RPJMD, Perangkat Daerah Diminta Segera Lakukan Penyesuaian

Wakil Wali Kota Palangka Raya Hj Umi Mastikah

PALANGKA RAYA, KBIRAYA – Sejumlah hal teknis menjadi poin dalam perubahan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Palangka Raya tahun 2018-2023. Seluruh Struktur Organisasi Perangkat Daerah (SOPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) diminta segera melakukan penyesuaian terhadap perubahan ini.

Wakil Wali Kota Hj Umi Mastikah, saat membacakan sambutan tertulis Wali Kota Palangka Raya pada pembukaan Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal Perubahan RPJMD, Jumat (21/2/2020), mengatakan, secara umum konteks perubahan dari RPJMD tidak terlalu signifikan. Perubahan hanya berkisar pada aspek-aspek teknis.

“Perubahan hanya pada hal teknis, mana yang lebih prioritas, mana yang lebih darurat menyangkut kepentingan masyarakat,” kata Wakil Wali Kota di kegiatan yang dihadiri seluruh komponen SOPD di lingkungan Pemkot Palangka Raya.

Umi melanjutkan, penyesuaian yang perlu dilakukan SOPD dari perubahan RPJMD 2018-2023 ini terutama menyangkut program prioritas penyelesaian permasalahan daerah. Di antaranya, upaya penurunan angka kemiskinan, peningkatan indeks pembangunan manusia, dan pertumbuhan ekonomi.

Dia meminta seluruh pihak dapat bekerja sama dengan baik sehingga proses perumusan perubahan RPJMD dapat terealisasi sesuai target yang diharapkan.

Umi menambahkan, RPJMD merupakan dokumen perencanaan pembangunan daerah sepanjang 5 tahun yang berisi penjabaran dari visi, misi, dan program kepala daerah sebagai respon dari aspirasi masyarakat.

“RPJMD merupakan tolok ukur keberhasilan kinerja pemerintah daerah dalam 5 tahun ke depan,” sebutnya.

Adapun kegiatan forum konsultasi publik ini, terang Umi, merupakan satu tahapan sebelum draft perubahan RPJMD disampaikan ke DPRD untuk disahkan. (SAR)

BACA JUGA :  Perbaikan Jalan Menuju Kawasan Wisata Ini jadi Prioritas Pemkot

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *