Jum. Okt 16th, 2020

kbirayanews.com

Menyajikan Informasi Bernilai Edukasi

Eks Timnas Hingga Pemain Naturalisasi Masuk Seleksi Kalteng Putra FC, Ini Daftarnya

PALANGKA RAYA, KBIRAYA – Sekitar 40 pesepakbola jebolan berbagai klub di Indonesia menjalani seleksi pemain Kalteng Putra FC menghadapi kompetisi sepakbola nasional Liga 2. Di antara pemain yang seluruhnya pernah merumput di Liga 1 itu, terdapat eks pemain tim nasional (timnas), Persib bandung, PSM Makassar, hingga pemain asing yang telah berkewarganegaraan Indonesia (naturalisasi).

Proses seleksi pemain yang digelar sepanjang 3 hari itu dibagi dalam 3 tahap.  Pada hari pertama, Sabtu (22/2/2020) sore, dilakukan seleksi tahap pertama terhadap para pemain dari berbagai daerah di Indonesia yang pernah mengecap pengalaman berkompetisi di kasta tertinggi kompetisi sepakbola nasional, Liga 1.

Sekitar 20 lebih pemain yang datang di hari pertama seleksi ini dibagi dalam dua tim, biru dan merah muda. Mereka kemudian diadu dalam laga uji coba yang digelar di Stadion Tuah Pahoe, Palangka Raya, di bawah pengawasan langsung CEO Kalteng Putra H Agustiar Sabran, dan pelatih sementara Eko Tamamie.

Dalam daftar calon pemain tersebut, terdapat sejumlah nama yang cukup dikenal di dunia sepakbola nasional. Di antaranya, mantan kiper timnas yang terakhir berseragam Persela Lamongan Dian Agus Prasetyo.

Kemudian, ikut seleksi pula mantan striker timnas U-23 jebolan program SAD Uruguay Yandi Sofyan Munawar. Yandi pernah memperkuat klub divisi II Liga Belgia CS Vise sebelum kembali berkiprah di tim Tanah Air. Saat ini, Yandi tak lagi terikat di klub setelah tahun lalu menjalani trial di PSM Makassar.

Tahap kedua seleksi akan berlangsung Minggu (23/2/2020) sore nanti. Kali ini seleksi dilakukan terhadap para pemain lokal Kalteng ditambah para pemain luar daerah yang terlambat datang di hari pertama.

Terakhir, Senin (24/2/2020) besok, seleksi bersifat pemanggilan terhadap pemain berpengalaman yang telah dibidik tim seleksi. Namun, hingga saat ini pelatih maupun manajemen Kalteng Putra FC enggan menyebutkan nama-nama calon pemain tersebut.

BACA JUGA :  Wow! Perlu Dana Rp 65 Miliar untuk Lengkapi Komputer UNBK Se-Kalteng

Informasi beredar, salah satu pemain tersebut adalah mantan kapten Persib Bandung, Atep, ditambah dua pemain naturalisasi yang dirumorkan adalah Christian Gonzales dan Abanda Herman.

PERMINTAAN GUBERNUR

CEO Kalteng Putra FC H Agustiar Sabran usai memberi pengarahan kepada para calon pemain, mengatakan, belajar dari pengamalam musim kompetisi sebelumnya, kali ini manajemen lebih selektif memilih pemain sehingga menerapkan pola berbeda.

Pemilihan pemain dilakukan oleh tim beranggotakan 20 orang terdiri dari pelatih, pengurus sepakbola, pemerhati sepakbola, komunitas suporter, dan jurnalis.

Dijelaskannya, pada akhir seleksi, Senin besok, manajemen mengupayakan sudah bisa mengumumkan 25 pemain yang masuk dalam skuat Kalteng Putra FC.  Dari jumlah itu, pemain lokal Kalteng kebagian kuota 7-8 orang.

Sedangkan pelatih kepala, lanjut kakak kandung dari Gubernur Kalteng H Sugianto Sabran ini, akan ditentukan setelah selesai seleksi pemain.

Terkait permasalahan tunggakan gaji para pemain terdahulu, Agustiar menegaskan hal itu sudah ditangani manajemen dan segera terselesaikan.

Ditambahkan Anggota DPR/MPR-RI itu, dirinya kembali menangani Kalteng Putra pascaterdegradasi dari Liga 1 karena terpanggil untuk menyelamatkan tim ini dari  ketidakpastian.  

Selain itu, ujar Agustiar, secara khusus dirinya juga diminta Gubernur Kalteng untuk kembali menangani tim ini karena membawa nama baik daerah.

“Ini juga karena Gubernur Kalimantan Tengah yang minta. Seandainya Dia (Sugianto) meminta sebagai adik Saya saja, belum tentu Saya mau kembali (menangani tim),” ujarnya.

Sedangkan target tim di keikutsertaan mereka di Liga 2 ini adalah meraih kemenangan demi kemenangan untuk kembali promosi ke kasta tertinggi kompetisi sepakbola nasional, Liga 1. (SAR)

Pertandingan ujicoba Kalteng Putra FC dalam seleksi pemain, Sabtu (22/2/2020)

DAFTAR PEMAIN YANG DISELEKSI:

Yandi Sofyan – PSM – Striker

Billy Keraf – Badak lampung – Sayap

BACA JUGA :  Dana Desa Rawan Penyalahgunaan, Inspektorat Tingkatkan Pengawasan

Yohanes Saputra- Madura United – Sayap

Arfandi Zein – PS Tira – gelandang

Tri Hadiansyah – PS Tira – gelandang

Takwir – PSM – gelandang

Fajri Ardiansyah – PSM – bek kiri

Bate – Bali United – bek kanan

Syukur – Badak Lampung – bek tengah

Danie Pratama – PSS Sleman – bek tengah

Ganjar Mukti – Arema FC – bek tengah

Yus Afandi – Persipa – bek tengah

Dian Agus P – Persela – kiper

Lutfi Rizky – Cimahi – sayap

Sukasto – Persis Solo – kiper

Wahyu Hendra – Persipur – bek tengah

M Irfan – Sidrap United – sayap

M Alam – Martapura FC – gelandang

Nunung Dwi – Perserang – striker

Rumor :

Atep (Mitra Kukar), Abanda Herman (Persib), Christian Gonzales (PSS Sleman)

Seleksi pemain lokal Kalteng dilaksanakan Minggu (23/2/2020) hari ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *