Kam. Okt 29th, 2020

kbirayanews.com

Menyajikan Informasi Bernilai Edukasi

307 Even Seni Budaya Digelar di Kalteng Sepanjang 2020

Peserta lomba perahu hias pada Festival Budaya Isen Mulang, di Palangka Raya, baru-baru ini. (FOTO : SAR)

PALANGKA RAYA, KBIRAYA – Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) terus berupaya meningkatkan angka kunjungan wisatawan ke daerah ini. Salah satunya melalui gelaran even-even seni budaya dan pariwisata yang jumlahnya semakin meningkat dari tahun ke tahun.

“Dengan memperbanyak even seni budaya dan atraksi kepariwisataan, tentu dapat memberikan pengaruh positif seperti bertambahnya jumlah wisatawan yang berkunjung ke Kalteng, meningkatkan ekonomi masyarakat, sekaligus menjaga eksistensi seni budaya dan kearifan lokal,” ujar Kepala Disbudpar Provinsi Kalteng Guntur Talajan, kepada wartawan, baru-baru ini.

Dikatakan Guntur, pada tahun 2020 berjalan ini, jika even seni budaya dan pariwisata yang digelar di seluruh wilayah Kalteng dijumlahkan, terdapat 307 kegiatan yang telah dan akan dilaksanakan.

Jumlah tersebut meningkat hampir dua kali lipat dibanding penyelenggaran even serupa di tahun 2019 lalu, sebanyak 186 kegiatan.

Dari jumlah itu, Kotawaringin Timur (Kotim) menjadi kabupaten yang paling banyak menggelar even seni budaya, kearifan lokal, maupun atraksi wisata sepanjang tahun 2020 ini, yakni sebanyak 53 kegiatan.

Kemudian, disusul Kabupaten Kotawaringin Barat sebanyak 50 even, Murung Raya 43 even, Katingan 37 even , Lamandau 29 even, dan Kota Palangka Raya 22 even, Pulang Pisau 12 even, Seruyan 11 even, Sukamara 10 even, Gunung Mas 10 even, Barito Selatan 9 even, Kapuas 9 even, Barito Utara 7 even, dan Barito Timur 5 even.

Adapun even seni budaya dan kepariwisataan yang diandalkan Kalteng, di antaranya, Festival Budaya Isen Mulang (FBIM), Festival Babukung di Lamandau , Festival Tanjung Puting di Kotawaringin Barat, dan Mandi Safar di Kotawaringin Timur.

Even-even itu selalu mampu menyedot kedatangan ribuan masyarakat yang di dalamnya terdapat wisatawan nusantara (Wisnus) maupun wisatawan mancanegara (Wisman).

BACA JUGA :  Terpeleset di Sel Polres, Tahanan Wanita Tewas
“Kalteng sendiri memiliki sejumlah destinasi wisata unggulan. Seperti Taman Nasional Tanjung Puting di Kobar dan Taman Nasional Sebangau serta Kereng Bangkirai di Palangka Raya, maupun potensi wisata lainnya yang akan melengkapi setiap rangkaian event,” pungkas Guntur. (SAR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *