Jum. Okt 30th, 2020

kbirayanews.com

Menyajikan Informasi Bernilai Edukasi

Musim Hujan, Ragam Penyakit Mengancam

Anak-anak warga Kota palangka Raya bermain genangan air setelah hujan, baru-baru ini. Memasuki musim penghujan, warga setempat diimbau waspada DBD, Malaria, dan penyakit lainnya. (FOTO ; SAR)

PALANGKA RAYA, KBIRAYA – Beberapa gangguan kesehatan mengancam masyarakat di musim penghujan ini. Di antaranya, Deman Berdarah Dengue (DBD), flu, batuk, diare, disentri, cacingan, infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) dan malaria. Warga pun diminta waspada.

“Intensitas hujan di wilayah Palangka Raya semakin sering. Banyak genangan air yang menjadi sarang berkembang biak nyamuk aedes (penyebar DBD). Untuk itu, mari bersama-sama lakukan antisipasi,” imbau Kepala Dinas Kesehatan (Kadiskes) Kota Palangka Raya Andjar Hari Purnomo, di Palangka Raya, akhir pekan tadi.

Dikatakan Andjar, salah satu antisipasi paling efektif dalam mencegah DBD ini adalah pemberantasan sarang nyamuk. Selain ampuh, langkah ini juga relatif murah dan mudah sehingga bisa dilakukan masyarakat secara mandiri.

“Kami kembali mengajak masyarakat Kota Palangka Raya selalu melakukan pemberantasan sarang nyamuk dengan melakukan 3M plus, yaitu mengubur barang bekas, menutup penampungan air dan menguras penampungan air secara rutin serta menaburkan bubuk abate,” kata Andjar.

Sedangkan upaya dari pemerintah daerah, sebut Kadiskes, pihaknya menggencarkan upaya promotif dan preventif. Di antaranya, menginstruksikan kepada seluruh Puskesmas yang ada untuk selalu menyosialisasikan kepada masyarakat terkait program pemberantasan sarang nyamuk dan dampak buruk penyebaran penyakit DBD.

Selain DBD, lanjut Andjar, masyarakat juga diimbau waspada potensi serangan penyakit lainnya, seperti flu, batuk, diare, disentri, cacingan, infeksi saluran pernafasan akut (ISPA) dan malaria.

Agar masyarakat terbebas dari gangguan kesehatan itu, Dia mengimbau untuk menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), serta memakan sayur, buah, berolahraga rutin, dan mencuci tangan dengan sabun. (SAR)

BACA JUGA :  3 Resepsi Pernikahan Dibubarkan, Camat dan Lurah Diminta Awasi Warga

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *