Sen. Apr 6th, 2020

kbirayanews.com

Menyajikan Informasi Bernilai Edukasi

Mulai Mengerucut, Ini Bakal Calon Usungan Golkar di Pilgub Kalteng

PALANGKA RAYA, KBIRAYA – ‘Teka-teki’ siapa figur bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur usungan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gokar Kalimantan Tengah (Kalteng) mulai menunjukkan titik terang. Dari sejumlah nama yang beredar, usungan mengerucut pada bakal calon petahana yang akan didampingkan dengan kader Partai Golkar.

Arah usungan tersebut disampaikan tokoh sekaligus kader Partai Golkar HM Rizal kepada wartawan, Minggu (1/3/2020) tadi, di sela persiapan Musyawarah Daerah (Musda) DPD Partai Golkar. Kegiatan yang sedianya berlangsung 3-5 Maret 2020 ini berisi agenda pemilihan Ketua DPD Partai Golkar Kalteng periode 2020-2025.

Pada pertemuan itu, kanddidat petahana dimaksud, yakni H Sugianto Sabran juga akan diundang untuk hadir.

Rizal menyebut, kemungkinan usungan bakal calon gubernur di pemilihan gubernur (Pilgub) tahun 2020 mengarah pada figur petahana mencapai “80 persen”. Bahkan, Dia memprediksi, hasil dari pemilihan Ketua DPD partai nanti juga akan mendukung rekomendasi demikian.

“Jadi, siapapun yang terpilih menjadi Ketua DPD, pasti akan mengusung (calon) petahana,” ujar mantan anggota DPRD Provinsi Kalteng 2 periode itu.

Rizal melanjutkan, meski usungan mengarah pada figur petahana, parpol ini tetap berupaya mendudukkan kadernya di susunan kandidat calon gubernur/wakil gubernur. Keinginan itu sesuai dengan kapasitas Partai Golkar yang memiliki tujuh kursi di DPRD Provinsi Kalteng, dan serta tujuh kepala daerah di kabupaten/kota di daerah ini.

“Aspirasi dari seluruh kader menginginkan Golkar bisa mengusung kader sendiri di Pilgub ini. Kalau tidak nomor 1, ya nomor 2 atau cawagub (calon wakil gubernur). Itu juga instruksi dari pusat yang harus menjadi perhatian,” ujarnya.

Ditambahkannya, keinginan memasangkan kandidat petahana dengan wakil dari kader partai tersebut tetap akan diproses sesuai mekanisme yang dijalankan Partai Golkar.

BACA JUGA :  Pilgub Diharapkan Berlangsung Damai

Adapun mekanisme penentuan kandidat yang saat ini dijalankan DPD Partai Golgar adalah survei elktabilitas figur, bekerja sama dengan Lembaga Survei Indonesia (LSI). Dalam proses tersebut, kandidat petahana H Sugianto Sabran juga mendaftar, bersama sejumlah tokoh lain, termasuk wakilnya saat ini Habib Ismail bin Yahya.

Sebelumnya, Sugianto Sabran menyatakan dirinya terbuka pada dukungan partai selain PDI-P untuk maju ke Pilgub tahun 2020. Selaku kader PDI-P, Dia tetap optimistis akan memperoleh rekomendasi partai tersebut, disamping dukungan partai lain.

“Kalau dipercayai oleh Golkar, kita sangat senang sekali,” ujarnya, Senin (24/2/2020) lalu.

Tahapan demi tahapan Pilgub Kalteng tahun 2020 sendiri terus berlangsung hingga saat ini. Penentuan siapa yang berhak menduduki jabatan gubernur dan wakil gubernur Kalteng itu akan mencapai puncaknya pada hari pemungutan suara, 23 September 2020 mendatang.(SAR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *