Sab. Okt 31st, 2020

kbirayanews.com

Menyajikan Informasi Bernilai Edukasi

Lawan Corona, Umat Islam Kalteng Diminta Lakukan 4 Hal Ini

(ILUSTRASI : SAR)

PALANGKA RAYA, KBIRAYA – Pemerintah telah menyatakan dua warga Depok, Jawa Barat postif tertular Covid-19, virus penyebab flu Corona jenis baru. Kekhawatiran pun merebak di kalangan masyarakat, termasuk di Kalimantan Tengah (Kalteng). Mengantisipasi kepanikan massa, Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalteng hari ini (4/3/2020) mengeluarkan empat seruan.

Seperti diketahui, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Senin (2/3/2020) tadi mengeluarkan pernyataan resmi bahwa dua warga negara Indonesia (WNI) di Depok, positif terjangkit virus Corona. Ibu dan anaknya itu hingga saat ini masih dalam perawatan di Rumah Sakit Infeksi dr Sulianti Saroso, Jakarta Utara.

Terjangkitnya kedua perempuan itu berawal dari sang anak yang melakukan interaksi dansa pada Hari Valentine, 14 Februari 2020 lalu dengan warga negara Jepang yang datang dari Malaysia.

Pascapengumuman itu, sejumlah masyarakat mulai dirundung kekhawatiran terhadap kemungkinan penularan virus mematikan tersebut. Warga di beberapa daerah yang panik kemudian menyerbu tempat-tempat perbelanjaan untuk memborong perangkat kesehatan yang dinilai mampu menangkal penularan Covid-19. Di antaranya, masker, hand sanitizer, dan alat pendeteksi suhu badan.

Di Kalteng, perilaku demikian juga menggejala. Akibat kepanikan itu, sentra penjualan masker diserbu warga hingga barang tersebut menjadi langka.

Kondisi tersebut mendapat perhatian serius dari PWM Kalteng. Dalam lembar seruan tertanggal 4 Maret 2020 yang  ditandatangani Ketua PWM Kalteng Dr H Ahmad Syari’i MPd, dan Sekretaris HM Zuhri SHi MPdI, PWM Kalteng menyerukan  empat hal.

Pertama, PWM Kalteng meminta masyarakat, khususnya kaum muslimin di wilayah ini untuk tetap tenang, sabar, berikhtiar, bertawakal kepada Allah SWT. Masyarakat juga diminta tetap waspada terhadap kemungkinan penularan virus Corona.

Kedua, kaum muslimin diminta senantiasa berdoa kepada Allah SWT supaya wabah virus tersebut tidak melanda atau menjadi malapetaka di Kalteng.

BACA JUGA :  Rumah Ibadah Jadi Lokasi Penyemprotan Disinfektan Tim MCCC

Ketiga, PWM Kalteng mengajak seluruh elemen masyarakat tetap bersatu, saling membantu, tidak saling menyalahkan. Selain itu, masyarakat juga diminta untuk tidak menyebarkan informasi terkait Corona yang tidak jelas kebenarannya.

Keempat, seluruh lapisan masyarakat diimbau untuk membiasakan hidup bersih, menjaga kebersihan lingkungan, selalu mencuci kedua tangan, dan mengamalkan pola hidup sehat. (SAR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *