Sab. Okt 24th, 2020

kbirayanews.com

Menyajikan Informasi Bernilai Edukasi

Gerindra Prioritaskan Usung Kader Partai Sendiri di Pilkada Kalteng dan Kotim

Anggota Komisi IV DPRD Kalteng H Achmad Rasyid

PALANGKA RAYA, KBIRAYA – Legislator Partai Gerindra H Achmad Rasyid menginginkan partai ini dapat mengusung kader sendiri pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng) dan Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim) tahun 2020.

Dijelaskan Rasyid, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Kalimantan Tengah (Kalteng) saat ini masih melakukan penjaringan bakal calon untuk diusung pada Pilkada serentak, 23 September 2020 itu.

“(Penjaringan) juga diusulkan masuk dalam pembahasan pada Rapat Pimpinan Daerah (Rapimda) yang akan kami laksanakan dalam waktu dekat ini,” kata Anggota Komisi IV DPRD Kalteng itu.

Diterangkannya,  proses penentuan bakal calon yang akan diusung juga memperhatikan hasil survei elektabilitas masing-masing figur.

“Termasuk membandingkan dengan beberapa calon figur lainnya. Figur yang akan diusung partai bisa jadi itu petahana, bisa juga figur yang benar-benar refresentasi dari Partai Gerindra Kalteng,” sebut adik dari mantan Gubernur Kalteng (Alm) H Asmawi Agani itu.

Dia melanjutkana, hasil penjaringan itu nantinya akan diserahkan ke Dewan Pimpinan Pusat (DPP) untuk mendapatkan rekomendasi.

“Calon yang akan diusung kelak diharapkan lebih memprioritaskan kader Partai gerindra Kalteng itu sendiri. Kalau tidak nomor satu (kepala daerah), ya nomor dua (wakil kepala daerah),” sebut Rasyid.

Menurut adik mantan Gubernur Kalteng (Alm) Asmawi Agani itu, pengusungan kader sendiri di pesta demokrasi ini akan lebih menguntungkan partai. Sebab, ia akan lebih memahami dan mengerti keinginan partai dibanding figur yang bukan kader.

Di parlemen Provinsi Kalteng maupun Kabupaten Kotim, Partai Gerindra sama-sama memiliki lima kursinya. Artinya, untuk bisa mengusung calon, partai ini harus berkoalisisi dengan partai lain untuk menambah jumlah dukungan kursi di DPRD.

Untuk Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalteng, Gerindra masih memerlukan dukungan empat kursi dari partai lain. Sedangkan di Pemilihan Bupati (Pilbup) Kotim, mereka perlu tambahan dukungan tiga kursi lagi. (SAR)

BACA JUGA :  Soal Pilgub, Muhammadiyah Kalteng Wait And See

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *