Kam. Okt 29th, 2020

kbirayanews.com

Menyajikan Informasi Bernilai Edukasi

Mau Masuk Tim Paskibraka Kota? Harus Sanggup Lari 2 Km Dalam 12 Menit

Pengarahan panitia kepada seluruh peserta seleksi Paskibraka kota Palangka Raya. (FOTO : SAR)

PALANGKA RAYA, KBIRAYA – Seleksi anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tahun 2020 tingkat Kota Palangka Raya dimulai. Sebanyak 352 siswa berbagai SMA/MAN sederajat bersaing di untuk lolos seleksi yang digelar 3 hari ini.

Wali Kota Fairid Nafarin, melalui Kepala Dinas (Kadis) Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga Kota Palangka Raya Ikhwanudin, saat membuka kegiatan, Kamis (5/3/2020), meminta seluruh peserta mengikuti seleksi ini dengan baik.

Ikhwanudin berharap, dari seleksi ini, diharapkan akan ada perwakilan Kota Palangka Raya yang bisa tergabung dalam tim Paskibraka tingkat nasional.

“Kita berharap ada di antara kalian nantinya ada yang terpilih ikut mengibarkan Bendera Pusaka pada tanggal 17 Agustus 2020 mendatang di Jakarta,” sebutnya.

Dia mengingatkan, salah satu syarat agar para peserta dapat menyelesaikan seluruh tahapan seleksi ini dengan baik adalah menjaga kesehatan. Sebab, sebagian besar dari tahapan seleksi ini menyangkut kebugaran fisik para peserta.

Ikhwanudin menambahkan, mengingat kegiatan ini merupakan seleksi, maka akan ada peserta yang lulus mapun tidak lulus.

“Kita harus bersikap sportif. Jika nilai yang diraih tidak sesuai kriteria, tidak usah ngotot. Percayakan pada yang lulus,” ujarnya.

Dijelaskan Kadis, bagi peserta yang tidak lolos masih dapat mengikuti kegiatan psositif lainnya. Yakni pemilihan Putra Putri Pariwisata (Papipar) Kota Palangka Raya pada Maret ini, dan Duta tambun Bungai Kota Palangka Raya, April 2020 mendatang.

“Tidak perlu berkecil hati, kalian yang mungkin tidak lolos juga bisa berpartisipasi pada Festival Budaya Isen Mulang (FBIM) tingkat Kota Palangka Raya, Juni 2020 nanti,” sambung Ikhwanudin.

TIGA TAHAPAN SELEKSI

Sebelumnya, Ekomanaldi mewakili panitia seleksi dalam laporannya, mengatakan, kegiatan penjaringan ini dilangsungkan pada 5-7 Maret 2020. Dari 352 siswa tersebut nantinya akan dipilih 76 peserta yang lolos. Dari jumlah tersebut, empat di antaranya akan mewakili Kota Palangka Raya pada seleksi lanjutan tingkat Provinsi Kalimantan Tengah (Kalteng).

BACA JUGA :  Gelar Ta’awun Sosial, Aisyiyah Kota Bagi Sembako untuk Warga Terdampak Corona

Dari seleksi tingkat provinsi, nantinya akan dipilih lagi dua peserta yang akan mewakili Kalteng masuk dalam tim Paskibraka tingkat nasional di Jakarta.

Di kesempatan yang sama, Ketua Purnapaskibraka Kota Palangka Raya Budi Rachman, dalam arahannya kepada seluruh peserta, mengatakan, untuk pesryaratan calon anggota Paskibraka tahun 2020 ini tidak berbeda jauh dari seleksi tahun-tahun sebelumnya.

Seleksi ini terbagi dalam tiga tahapan dengan lokasi di lingkungan Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Kepemudaan, dan Olahraga serta di lingkungan perkantoran Pemerintah Kota Palangka Raya.

“Untuk syarat dasar, tinggi badan putra minimal 168 Cm dan putri minimal 165 Cm. Berat badan menyesuaikan,” ujar Budi.

Kemudian, peserta akan dites kekuatan lari selama 12 menit tanpa henti, di mana peserta putra harus mampu setidaknya mencapai 5 kali putaran (lintasan lapangan olahraga) atau 2 ribu meter (2 Km), dan putri setidaknya 4,5 kali putaran atau 1.800 meter. Selain itu, terdapat pula tes-tes kemampuan fisik seperti sit-up dan push-up

Selanjutnya, peserta juga akan mengikuti tes kemampuan akademik, termasuk kecakapan berbahasa Inggris. Terakhir, untuk penentuan akan dilakukan seleksi tahap akhir, yakni Pantohir.

“Kelulusan seleksi akan disusun berdasarkan ranking. Total 76 peserta putra dan putri. Ranking 1-2 putra dan putri (4 orang) akan mengikuti seleksi tingkat provinsi. Peringkat 3 dan seterusnya putra putri akan masuk di tim Paskibraka Kota Palangka Raya,” pungkas Budi. (SAR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *