Rab. Okt 28th, 2020

kbirayanews.com

Menyajikan Informasi Bernilai Edukasi

Ini Syarat Bakal Calon Usungan DPP PDI-P di Pilkada Kalteng

Ketua Bidang Organisasi dan Pengkaderan DPP PDI-P Djarot Saiful Hidayat

PALANGKA RAYA, KBIRAYA – Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) baru akan menunjuk nama bakal calon yang diusung di dua Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kalimantan Tengah (Kalteng) pada akhir Maret ini. Namun, kriteria calon yang diusung sudah “dalam tangan” DPP.

Rapat Kerja Daerah (Rakerda) DPD PDI-P Kalteng mulai digelar sejak kemarin (7/3/2020), di Palangka Raya. Namun, kegiatan ini belum memunculkan nama bakal calon partai itu untuk diusung di Pemilihan Gubernur (Pilgub) Kalteng dan Pemilihan Bupati (Pilbup) Kotawaringin Timur.

Ketua Bidang Organisasi dan Pengkaderan DPP PDI-P Djarot Saiful Hidayat, usai membuka kegiatan itu, mengatakan, DPP tak ingin gegabah merekomendasikan figur calon yang akan diusung pada dua Pilkada Kalteng tersebut.

Dikatakan Djarot, rekomendasi DPP terkait siapa yang akan diusung di dua Pilkada di Kalteng itu baru diumumkan akhir Maret 2020 nanti.

“Pilkada di Kalteng hanya ada dua, Pilgub dan Pilbup di Kotawaringin Timur. Jadi, lebih mudah dilakukan seleksi. Maka, rekomendasi untuk Kalteng ditargetkan akhir Maret ini,” kata Djarot.

Dia menambahkan, DPP saat ini memfokuskan penggodokan para bakal calon di daerah di Indonesia yang jumlah Pilkada-nya lebih banyak, seperti di Pulau Sulawesi dan Jawa.

“Masih cukup panjang waktunya untuk menyelesaikan dan menetapkan bakal calon yang mendapat rekomendasi dari partai,” ucap Djarot.

Kendati demikian, sambung Djarot, DPP telah memiliki kriteria figur calon yang diprioritaskan PDI-P untuk diusung di Pilkada, termasuk di Pilgub Kalteng dan Pilbup Kotim.

“(Figur tersebut) harus memiliki kemampuan dalam pemerintahan, berintegritas tinggi, berpihak pada rakyat,  dan program pembangunannya selaras dengan program pembangunan nasional,” tandasnya.

Di kesempatan yang sama, Ketua DPD PDI-P Kalteng Arton S Dohong, mengatakan, rekomendasi bakal calon yang akan diusung di Pilgub maupun Pilbup sepenuhnya wewenang pusat.

BACA JUGA :  Bupati Barsel Minta ASN Netral di Pemilu

“Namun, kami siap all out mendukung setiap keputusan partai,” ujar Arton.

Hingga saat ini, sejumlah nama telah menyatakan kesiapannya untuk maju di persaingan Pilgub Kalteng tahun 2020 melalui parpol ini. Di antarnya, kandidat petahana H Sugianto Sabran dan mantan Wali Kota Palangka Raya HM Riban Satia.

Bahkan kedua kader partai berlambang banteng moncong putih ini sama-sama yakin bakal mengantongi rekomendasi DPP PDI-P.

Adapun masa pendaftaran pasangan calon baru dilaksanakan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kalteng pada 16-18 Juni 2020 mendatang.

Sedangkan pemungutan suara yang menjadi puncak pesta demokrasi ini akan digelar serentak pada 23 September 2020 nanti. (SAR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *