Ming. Apr 5th, 2020

kbirayanews.com

Menyajikan Informasi Bernilai Edukasi

Seluruh Korban Tabrakan Longboat-Kapal Paspampres Ditemukan, 7 Meninggal Termasuk Dandim

Evakuasi korban kecelakaan air di wilayah Taman Nasional Sebangau, Senin (9/3/2020) sore. (FOTO : IST)

PALANGKA RAYA, KBIRAYA – Korban kecelakaan air tabrakan Kapal Motor Cepat (KMC) TNI dan longboat L300 Balai Taman Nasional (TN) Sebangau Kelurahan Kereng Bangkirai, Kota Palangka Raya Senin (9/3/2020) seluruhnya ditemukan. Sekitar pukul 20.00 WIB tadi malam, dilaporkan lima penumpang longboat TN Sebangau dievakuasi dari lokasi kejadian.

Para korban tersebut antara lain, Ibnu Yudhistira (petugas Taman Nasional Sebangau), Novi (petugas TN Sebangau), Mutiara (petugas TN Sebangau), dan Ibu Agung (anggota Polisi Kehutanan). Keempatnya ditemukan sudah dalam keadaan meninggal dunia.

Satu korban lagi  ditemukan sekitar pukul 20.30 WIB adalah Mansyah (anggota Manggala Agni), juga sudah dalam keadaan meninggal dunia.

Informasi terhimpun dari pihak Bidang Hubungan Masyarakat (Bidhumas) Polda Kalteng, tadi malam, menyebutkan, kelima korban tersebut telah dievakuasi ke RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya.

Dengan temuan lima korban tersebut, keseluruhan penumpang longboat Dishut yang saat kecelakaan membawa petugas TN Sebangau, Polisi Kehutanan, dan anggota Manggala Agni sudah ditemukan.

Sebelumnya, atau Senin sore, dua penumpang lain ditemukan dalam keadaan selamat, yakni Selvi dan Yuli, juga petugas TN Sebangau. Selanjutnya, jelang petang, seorang korban atas nama Abdi Darmansyah anggota Polhut ditemukan dalam keadaan meninggal.

Total, penumpang longboat yang saat kejadian dalam misi mangangkut logistik untuk keperluan kunjungan Raja dan Ratu Belanda Rabu (11/3/2020) itu berjumlah delapan orang.

Sedangkan jumlah penumpang  Kapal Motor Cepat TNI yang mengangkut anggota Pasukan Pengawal Presiden (Paspampres), anggota TNI dari Korem 102/Pjg dan Kodim 1011/Kuala Kapuas, warga negara asing dari Amerika Serikat—info lain menyebutkan delegasi Belanda–, dan masyarakat lokal jumlahnya masih dalam pendataan.

Informasi awal, penumpang kapal dengan pendorong mesin 500 PK yang dalam misi mengecek lokasi pengamanan kunjungan Raja dan Ratu Belanda serta pejabat di kementerian RI itu berjumlah 18 orang.

BACA JUGA :  Warga Gumas Penderita Penyakit Langka Meninggal di Jakarta

Disebutkan, dari 18 penumpang tersebut, 17 ditemukan selamat. Satu-satunya korban meninggal adalah Dandim 1011/Kuala Kapuas Dandim 1011/Kuala Kapuas Letkol Kav Bambang Kristianto Bawono.

Dengan demikian, total keseluruhan korban kecelakaan tabrakan longboat dan kapal motor cepat tersebut, yakni 26 orang, seluruhnya sudah ditemukan baik dalam kondisi selamat maupun meninggal dunia.

Pascatemuan kelima korban terakhir, operasi pencarian korban dihentikan. Para keluarga korban baik yang dirawat maupun meninggal dunia beralih ke RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya.

“Pencarian sudah dihentikan. Kami saat ini ada di instalasi jenazah rumah sakit,” ujar Rahmat Hidayat, salah satu petugas TN Sebangau, sekitar pukul 21.00 WIB tadi malam. (SAR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *