Sel. Jun 2nd, 2020

kbirayanews.com

Menyajikan Informasi Bernilai Edukasi

Ditonton Menpora, Kalteng Putra Takluk dari Persiba Balikpapan 2-3

PALANGKA RAYA, KBIRAYA – Pembukaan kompetisi sepakbola nasional Liga 2 dibuka resmi Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali, di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur, Sabtu (14/3/2020) malam. Kalteng Putra FC yang tampil pada laga perdana menghadapi tuan rumah Persiba Balikpapan takluk dengan skor tipis 2-3.

Pada laga yang juga disaksikan langsung Ketua Umum PSSI dan Gubernur Kalimantan Timur itu, 2 gol yang dicetak Kalteng Putra diciptakan Amin Syukur dan Billy Keraf. Sedangkan gol Persiba dijaringkan Yusuf Effendi, Eddy Gunawan, dan Aji Kusuma.

Jalannya laga pada babak pertama, Persiba unggul terlebih dahulu pada menit ke-7 lewat sontekan Yusuf Effendi.

Hanya 2 menit bertahan, Kalteng Putra mampu menyamakan kedudukan. Serangan Kalteng Putta dari sayap kiri yang menghasilkan sepak pojok, kemudian disambut sundulan oleh Amin Syukur, bek yang turut menerjang ke depan. Bola menuju ke tiang jauh itu tak terbendung mantan kiper Kalteng Putra yang kini memperkuat Persiba, Riki Pambudi.


Selang 2 menit kemudian, Kalteng Putra bahkan mampu unggul setelah tendangan menyusur tanah dari Billy Keraf tak terjangkau Riki Pambudi. Skor menjadi 2-1 untuk keunggulang Kalteng Putra.

Ketinggalan 2 gol cepat itu, Persiba mulai bermain taktis dan lebih tenang. Mereka mampu mendominasi penguasaan bola lewat permainan umpan pendek melalui kaki Andre Dio Milandar, Bryan Cesar, Eljo Iba, dan Yusuf Effendi.

Hasilnya, di menit ke-20, Aji Kusuma yang melakukan serangan ke depan kotak penalti kotak penalti Kalteng Putra mendapat pelanggaran. Wasit Tommi Manggopa pun memberikan tendang bebas tak langsung. Eksekusi oleh Eddy Gunawan deras tak terhadang kiper Kalteng Putra Sukasto Effendi. Skor menjadi imbang 2-2.

Pascagol penyama itu, Persiba yang tampil di bawah dukungan ribuan suporternya makin bersemangat mengurung pertahanan Kalteng Putra. Di menit 22, umpan Eljo dari sayap kanan mampu disambar striker mereka Aji Kusuma dan berhasil membobol gawang Kalteng Putra.

BACA JUGA :  Saatnya "Kaum Milenial" Masuk di Kepengurusan Baru KONI Kalteng

Skor berubah menjadi 2-3 untuk keunggulan Persiba dan bertahan hingga jeda babak pertama.

Di babak kedua, tidak banyak peluang yang mampu diciptakan Kalteng Putra maupun Persiba. Laga leboh banyak diwarnai tekel-tekel keras hingga menyebabkan tendangan bebas di area-area yang tidak terlalu berbahaya.

Sampai dengan laga usai, skor 2-3 untuk keunggulan tuan rumah tetap bertahan sehingga Kalteng Putra yang mayoritas sahamnya dimiliki H Agustiar Sabran tersebut gagal meraih poin di laga pertama ini.

Selanjutnya, Laskar isen Mulang, julukan Kalteng Putra akan melanjutkan lawatan ke Tenggarong. Tim yang sementara dilatih Eko Tamami ini akan menghadapi Mitra Kukar FC.

Pada pelaksanaan kompetisi Liga 2 tahun ini, total tim peserta sebanyak 24 klub. Tim-tim ini dibagi dalam dua grup yakni Grup Barat dan Grup Timur dengan masing-masing grup berisi 12 tim.

Wakil Bumi Tambun Bungai Kalteng Putra FC yang terdegradasi dari Liga 1 musim kompetisi lalu tergabung dalam Grup Timur bersama Martapura FC, Mitra Kukar, Persiba Balikpapan, Persijap Jepara (promosi Liga 3), Persis Solo, PSCS Cilacap, Putra Sinar Giri (promosi Liga 3),, Persigo Semeru (promosi Liga 3), Sulut United, PSBS Biak, Persewar Waropen.

Sedangkan Grup Barat diisi PSMS Medan, Semen Padang (degradasi Liga 1), Badak Lampung (degradasi Liga 1), PSPS Riau, Babel United FC, Sriwijaya FC, Perserang Serang, Cilegon United, PSKC Cimahi (promosi Liga 3), Persekat Tegal (promosi Liga 3), PSIM Yogyakarta, dan AS Abadi Tiga Naga (promosi Liga 3).

Yang menarik, Liga 2 musim ini tak lagi mempertandingkan babak delapan besar. Kompetisi akan selesai lebih awal, dengan babak final langsung terjadi setelah menemukan posisi satu dari tiap grup.

BACA JUGA :  “Singo Edan” Vs “Macan Kemayoran” Berebut Posisi Tertinggi

Artinya, posisi satu dari grup barat dan timur, akan mendapatkan tiket promosi langsung, dan memainkan laga final. Sementara satu tiket promosi tersisa akan diperebutkan posisi dua masing-masing grup, lewat play-off. (SAR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *