Sab. Okt 31st, 2020

kbirayanews.com

Menyajikan Informasi Bernilai Edukasi

Ini Alasan Gubernur Ingin Tutup Bandara

Bandara Tjilik Riwut, Palangka Raya. (FOTO : SAR)

PALANGKA RAYA, KBIRAYA – Mobilisasi warga melalui transportasi udara dinilai menjadi salah satu penyebab utama penyebaran Covid-19 ke Kalimantan Tengah (Kalteng). Karena itu, Gubernur H Sugianto Sabran mengusulkan dihentikannya operasional penerbangan dari dan keluar Kalteng melalui penutupan sementara Bandara Tjilik Riwut, Palangka Raya.

“Minggu depan kami mengusulkan untuk melakukan lockdown udara menuju Bandara Tjilik Riwut, maupun sebaliknya menuju daerah-daerah terdampak atau zona merah. Kami ingin tutup sementara waktu hingga 14 hari ke depan,” kata Gubernur melalui pesan videonya, Sabtu (29/3/2020) malam.

Dijelaskan Gubernur, usulan penutupan Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya ini merupakan salah satu upaya memutus rantai penyebaran virus corona (COVID-19). Dia pun berharap kebijakan ini mendapat dukungan masyarakat.

Menurut Sugianto, mobilisasi masyarakat melalui jalur udara tampaknya lebih banyak yang tidak ada hubungannya dengan masalah perekonomian. Kalaupun ada dampak ekonomi, sosial dan lainnya, hal itu sudah pihaknya pertimbangkan.

Dia berpendapat, pasien positif terjangkit Corona di Kalteng selama ini rata-rata memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah, khususnya daerah terjangkit.

“Kami sudah berkoordinasi dengan Forkopimda, diizinkan atau tidak, demi keselamatan masyarakat, kami akan tetap menutup bandara tersebut, khususnya Bandara Tjilik Riwut,” tandasnya.

Data Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kalteng terakhir (kemarin) menyebutkan, hingga kemarin sudah 6 warga yang dinyatakan positif terjangkit Covid-19 di Kalteng. seluruhnya kini menjalani perawatan di ruang isolasi RSUD dr Doris Sylvanus, Palangka Raya.

Tim menyebutkan, pasien keenam yang dinyatakan positif COVID-19 adalah warga Kota Palangka Raya yang memiliki riwayat perjalanan (datang) dari Bogor. (SAR)

BACA JUGA :  Update Covid-19 Kalteng: 25 Warga Positif Corona, Gubernur Bagikan 2 Juta Masker

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *