Sab. Okt 31st, 2020

kbirayanews.com

Menyajikan Informasi Bernilai Edukasi

Masuk “Zona Merah” Covid-19, Kelurahan Bukit Tunggal Lakukan Semi Karantina Wilayah

PALANGKA RAYA, KBIRAYAKelurahan Bukit Tunggal telah diklasifikasikan dalam “zona merah” Covid-19 di Kota Palangka Raya. Mengantisipasi potensi penyebaran virus penyebab flu Corona itu, seluruh perangkat RT/RW pun diarahkan mulai melaksanakan “semi karantina wilayah” di lingkungan masing-masing.

Lurah Bukit Tunggal Heri Fauzi, kepada wartawan, Jumat (3/4/2020), mengatakan, selain untuk mengamankan warganya dari Covid-19, pelaksanaan semi karantina wilayah ini merupakan tindak lanjut dari Pemerintah Kota (Pemkot) dan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Palangka Raya.

“Dalam 14 hari ke depan, Pemkot memberlakukan semi karantina wilayah. Status ini juga mulai kita berlakukan di Kelurahan Bukit Tunggal dan sudah disampaikan ke Ketua RT/RW di lingkungan masing-masing,” kata Heri.

Dijelaskannya, dalam arahan kepada Ketua RT dan RW, pihaknya juga meminta pemberlakukan sejumlah ketentuan terkait semi karantina wilayah ini. Di antaranya, monitoring mobilisasi masyarakat menuju luar kota oleh tim gabungan Dinas Perhubungan, TNI, dan Polri di posko-posko yang telah dioperasikan.

Kemudian, pengawasan dan pembubaran aktivitas warga yang sifatnya mengumpulkan banyak orang seperi acara hajatan, kegiatan peribadatan di tempat ibadah, pasar tumpah, dan lain sebagainya.

Mantan jurnalis Harian Banjarmasin Post tersebut melanjutkan, arahan lainnya, Ketua RT/RW dapat mempertimbangkan untuk memblokade pintu keluar masuk wilayah komplek atau permukiman untuk kemudahan monitoring mobilitas warga.

“Pembatasan pergerakan ini bisa dilakukan dengan penjagaan bergiliran. Apabila terjadi pelanggaran dapat dilakukan penindakan secara tegas oleh tim Gugus Tugas,” sebutnya.

Heri juga mengimbau masyarakat, khususnya warga Kelurahan Bukit Tunggal untuk tetap berada di rumah, kecuali ada keperluan yang sifatnya mendesak.

“Kita juga meminta warga yang kebetulan baru melakukan perjalanan dari daerah terdampak penyebaran Covid-19 apabila sakit untuk segera memeriksakan diri ke gasilitas kesehatan terdekat,” ujar Heri.

BACA JUGA :  Wali Kota Positif Corona, Puluhan Wartawan yang Sempat Wawancara Perlu Di-Rapid Test

Terakhir, Heri mengharapkan seluruh pihak untuk bekerja sama dalam pelaksanaan semi karantina wilayah ini sehingga rantai penyebaran Covid-19 di seluruh wilayah Kota Palangka Raya bisa diputus. (SAR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *