Kam. Okt 29th, 2020

kbirayanews.com

Menyajikan Informasi Bernilai Edukasi

Update Covid-19 Kalteng: Tambahan Pasien Positif Warga Kobar, Baru Pulang dari Sulsel

PALANGKA RAYA, KBIRAYAJumlah pasien positif Covid-19 di Kalimantan Tengah (Kalteng) bertambah 1 orang, sehingga total menjadi 11 orang per Jumat (3/4/2020). Satu pasien baru itu merupakan warga Kabupaten Kotawaringin Barat (Kobar) yang diduga terpapar Covid-19 saat mengikuti kegiatan di Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel).

Tim media center Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng dalam siaran persnya pukul 15.00 WIB tadi, membenarkan adanya tambahan satu pasien positif terjangkit virus penyebab flu Corona di Kabupaten Kobar itu. Pasien tersebut dirawat di ruang isolasi RSUD Sultan Imanuddin, Pangkalan Bun dan dinyatakan positif pada Kamis (2/4/2020) malam.

Sedangkan 10 kasus pasien positif Covid-19 lainnya berada dalam penanganan tim medis RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya. Progres ke-10 pasien itu, antara lain, 8 orang masih ataupun pernah menjalani perawatan di ruang isolasi, 2 orang telah dinyatakan “negatif” alias sembuh.

Sebagai catatan, satu dari kedua pasien yang dinyatakan sembuh akhirnya meninggal dunia karena serangan jantung sehingga data kasus meninggal akibat flu Corona di Kalteng hingga kini masih nihil.

Seiring penambahan kasus positif Covid-19, jumlah orang dengan pengawasan (ODP) di Kalteng juga mengalami peningkatan. Jumlah total hari ini sebanyak 659 ODP atau mengalami penambahan 5 orang dibanding sehari sebelumnya, dengan distribusi terbanyak di wilayah Kota Palangka Raya, yakni 199 orang.

Adapun pasien dengan pengawasan (PDP) hari ini terdata sebanyak 45 orang yang tersebar di perawatan tim medis empat rumah sakit rujukan penanganan Covid-19 di Kalteng. Rinciannya, di RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya 35 pasien, RSUD Sultan Imanudin Pangkalan Bun 6 pasien, RSUD Jaraga Sasameh Buntok 1 pasien, dan RSUD dr Murjani Sampit 3 pasien.

BACA JUGA :  Update Covid-19 Kalteng: RSUD Sampit Rawat PDP Pertama

Terkait tambahan 1 pasien baru positif Covid-19 di Pangkalan Bun, Kepala Seksi Pelayanan Rawat Inap RSUD Sultan Imanuddin Aiman Dinata melalui pesannya di aplikasi media sosial membenarkan kabar tersebut.

“Perlu disampaikan bahwa malam ini (2/4/2020), dipastikan ada satu pasien positif Covid-19 yang dirawat di RSUD Sultan Imanuddin. Untuk itu, masyarakat Kobar dan sekitarnya agar lebih meningkatkan kewaspadaan,” ujar Aiman, tadi malam.

Dia juga berpesan agar warga menjaga jarak yang aman saat berkomunikasi satu dengan lainnya, menggunakan masker saat bepergian, dan menghindari keluar rumah bila tidak terdapat kepentingan mendesak. Sebab, dengan adanya temuan 1 warga positif Covid-19, maka Kabupaten Kobar telah masuk dalam kategori “zona merah” penyebaran virus tersebut.

Informasi ini juga dibenarkan Bupati Kobar Nurhidayah dalam Nurhidayah dalam video conference bersama tim Gugus Tugas setempat, tadi siang.

Sesuai prosedur, pihak RSUD Sultan Imanddin maupun tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Provinsi Kalteng tidak menyebutkan identitas maupun latar belakang pasien tersebut.

Namun, beredar kabar di berbagai aplikasi pesan media sosial bahwa yang bersangkutan merupakan warga Kobar dengan riwayat kembali dari acara bernuansa keagamaan di Kabupaten Gowa, Provinsi Sulawesi Selatan,  19-23 Maret 2020 tadi.

Acara itu sendiri telah dibatalkan pemerintah daerah dan aparat keamanan setempat untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. Selain karena edaran larangan kegiatan pengumpulan massa, salah satu peserta terdeteksi positif Covid-19 sehingga dikhawatirkan menjangkiti peserta lainnya yang datang dari berbagai wilayah di Indonesia dan mancanegara.

Diinformasikan pula, total jumlah warga Kabupaten Kobar yang bertolak ke acara tersebut sebanyak 65 orang. Sebanyak 44 orang berangkat dan dipulangkan menggunakan transportasi laut, dan 21 orang melalui udara. (SAR)

BACA JUGA :  Gubernur Beri "Tugas Khusus" untuk Dinas Pendidikan dan Inspektorat

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *