Kam. Okt 29th, 2020

kbirayanews.com

Menyajikan Informasi Bernilai Edukasi

Awali Aksi, Pusat Komando Covid-19 PWM Kalteng Semprot Disinfektan ke Permukiman Pinggiran Kota

PALANGKA RAYA, KBIRAYATim lapangan “Covid-19 Command Center” atau pusat komando penanggulangan Covid-19 bentukan Pengurus Wilayah Muhammadiyah (PWM) Kalimantan Tengah (Kalteng) mulai melakukan pergerakan. Aksi pertama yang mereka lakukan adalah penyemprotan disinfektan di kawasan pinggiran Kota Palangka Raya, Minggu (5/4/2020).

Kegiatan lapangan yang dipimpin Sekretaris Covid-19 Command Center PWM Kalteng Ivan Bastian itu digelar di komplek permukiman penduduk Jalan Surung VI, Kelurahan Sabaru, Kecamatang Sabangau, Kota Palangka Raya.

Tak hanya melakukan penyemprotan cairan disinfektan, anggota tim juga aktif melakukan penyuluhan kepada warga setempat tentang upaya-upayan mencegah flu Corona, seperti social distancing, physical distancing, beraktivitas di rumah, menghindari bepergian, rajin mencuci tangan, serta menjaga kebersihan rumah dan lingkungan.

Ketua Covid-19 Command Center PWM Kalteng Prof Dr HM Norsanie Darlan, dihubungi terpisah, mengatakan, wilayah terluar Kota Palangka Raya ini dipilih menjadi lokasi kegiatan karena memang belum terjangkau operasi penyemprotan disinfektan oleh pihak lain.

Menurutnya, kegiatan penyemprotan ini akan terus dilakukan secara bergiliran di wilayah lainnya sesuai skala prioritas pencegahan penularan Covid-19, khususnya di Kota Palangka Raya yang telah dikategorikan “zona merah” penyebaran pandemi Corona.

Norsanie menambahkan, kegiatan serupa juga dilaksanakan oleh jekjaring organisasi Muhammadiyah di seluruh kabupaten se-Kalteng yang terkoordinasikan di bawah Covid-19 Command Center PWM.

Selain penyemprotana disinfektan, lanjut Norsanie, timnya juga terus mengkoordinasikan langkah-langkah lain yang dapat dilakukan jejaring PWM Kalteng sesuai potensi yang dimiliki.

Di antaranya, penanganan masyarakat dari aspek kesehatan melalui Rumah Sakit Muhammadiyah dan Klinik Kesehatan Aisyiah. Aspek ekonomi dan sosial dengan melibatkan peran civitas akademika Universitas Muhammadiyah Palangka Raya (UMP) serta berbagai upaya pencegahan Covid-19 lainnya oleh keluarga besar PWM Kalteng bersama masyarakat di lingkungan masing-masing.

BACA JUGA :  Kabut Asap Selimuti Palangka Raya

“Covid-19 Command Center” sendiri merupakan lembaga gugus tugas internal PWM Kalteng yang dibentuk berdasarkan SK PWM Kalteng nomor 03/KEP/II.0/B/2020 yang ditandatangani Ketua PWM Kalteng Dr H Ahmad Syari’i, dan Sekretaris  HM Zuhri tertanggal 2 April 2020 tadi.

Lembaga dengan Penanggung Jawab Dr H Jairi, serta Pengarah dr Suyuti Syamsul, Dr H Sonedi, dr H Suprastija Budi, dan Drs H Anshari Sapri bertujuan untuk mengkoordinasikan upaya-upaya penanggulangan pandemi flu Corona. (SAR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *