Rab. Okt 21st, 2020

kbirayanews.com

Menyajikan Informasi Bernilai Edukasi

Datangi Permukiman Padat Penduduk, Ini yang Dilakukan Tim Lapangan MCCC Kalteng

PALANGKA RAYA, KBIRAYA – Kegiatan lapangan Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) Kalimantan Tengah (Kalteng)  berlanjut. Hari ini (8/4/2020), tim lapangan MCCC yang didominasi kalangan muda Muhammadiyah melakukan pembagian masker untuk masyarakat Kota Palangka Raya.

Dalam aksi itu, sebanyak 10 boks atau 500 lembar masker dibagikan kepada warga permukiman padat penduduk Jalan A Yani, tepatnya komplek belakang PDAM Kota Palangka Raya.

Ketua MCCC Kalteng Prof Dr HM Norsanie Darlan didampingi Wakil Ketua Aprie Husin Rahu, mengatakan, pada aksi sosial tersebut, pihaknya juga mengajarkan secara langsung cara penggunaan masker yang benar.

Tim juga melakukan sosialisasi pencegahan Covid-19 di kalangan warga sesuai arahan pemerintah. Di antaranya, lebih banyak melaksanakan aktivitas dan ibadah di rumah, menghindari bepergian, selalu menggunakan masker jika harus keluar rumah, menjaga jarak (social distancing dan phisical distancing), menjaga kebersihan diri dan lingkungan tempat tinggal, melaksanakan pola hidup sehat, dan rajin mencuci tangan.

Norsanie menjelaskan, pembagian masker dan sosialisasi pencegahan virus penyebab flu Corona ini merupakan lanjutan dari kegiatan serupa sebelumnya. Sejak 2 pekan terakhir, Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) yang kini dikoordinir MCCC telah melaksanakan penyemprotan cairan disinfektan di sejumlah wilayah Kota Palangka Raya bersama tim Gugus Tugas Covid-10 Provinsi Kalteng dan Kota Palangka Raya.

Di samping itu, mereka juga melakukan pembagian cairan disinfektan secara gratis kepada warga yang ingin melakukan penyemprotan secara mandiri di kediaman maupun lingkungan tempat tinggal masing-masing.

Alhamdulillah, tanggapan masyarakat sangat baik terhadap kegiatan kita di lapangan ini. Mereka merasa terbantu dan terdampingi saat situasi tanggap darurat Covid-19 oleh pemerintah daerah ini,” ujar Norsanie.

Tak hanya dari masyarakat, sejumlah pihak juga menunjukkan apresiasi dan dukungan atas aksi sosial MCCC atau pusat komando penanganan Covid-19 Muhammadiyah ini.

BACA JUGA :  Hendi Nurfalah Terpilih Pimpin PWI Lamandau

“Kita menyampaikan terimakasih atas kepedulian sejumlah pihak yang turut membantu agar kegiatan ini bisa terus berjalan. Di antaranya, dari Dinas Kesehatan Provinsi Kalteng, Bapak Dekan Fisip Universitas Muhammadiyah, dan beberapa pengurus wilayah daerah,” ujar Dosen Universitas Muhammadiyah Palanggka Raya dan Universitas Palangka Raya itu.

Ditambahkan Norsanie, selain di wilayah kota, aksi serupa juga dilaksanakan jejaring PWM Kalteng di 12 kabupaten.

“Ini sesuai dengan arahan Dewan Pimpinan Pusat Muhammadiyah agar seluruh daerah dapat memberdayakan segenap potensi dan jejaring dalam upaya mencegah dan meminimalisir dampak penyebaran virus penyebab Flu Corona tersebut,” tandasnya. (SAR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *