Ming. Okt 18th, 2020

kbirayanews.com

Menyajikan Informasi Bernilai Edukasi

Update Covid-19 Kalteng: 25 Warga Positif Corona, Gubernur Bagikan 2 Juta Masker

Penyerahan bantuan masker oleh Gubernur Kalteng kepada Ketua PWI dan IJTI, Senin (13/4/2020)> FOTO : IST

PALANGKA RAYA, KBIRAYA Hingga saat ini, sudah 25 warga Kalimantan Tengah (Kalteng) terkonfirmasi positif terpapar Covid-19. Untuk memutus rantai penyebaran virus penyebab flu Corona itu, pemerintah melakukan berbagai upaya, termasuk membagikan masker bagi seluruh lapisan warga.

Salah satu elemen masyarakat yang mendapat bantuan masker tersebut adalah kalangan wartawan.

Bantuan masker bagi kalangan jurnalis itu diserahkan langsung Gubernur H Sugianto Sabran kepada Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kalteng HM Haris Sadikin dan Ketua Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia (IJTI) Kalteng H Tantawi Jauhari, usai rapat koordinasi bersama bupati/walikota via videoconfren, si Istana Isen Mulang, Senin (13/4/2020).

Menurut Sugianto, pemerintah daerah memandang perlu memberikan perhatian kepada insan pers mengingat mereka merupakan mitra yang penting dalam proses penyebaran informasi kepada masyarakat, termasuk penanganan pandemi Covid-19 saat ini.

“Semoga masker ini dapat bermanfaat untuk sahabat wartawan dalam bekerja. Namun, juga tetap menjaga jarak, mencuci tangan serta pakai masker dalam berkatifitas atau bekerja,” pesan Gubernur Sugianto kepada insan pers.

Ditambahkan Gubernur, selain kepada wartawan, masker-masker yang diadakan pemerintah provinsi juga dibagikan kepada masyarakat luas.

“Masker yang kita pesan ini baru datang. Kemarin kita pesan 2 juta, tapi masih disanggupi 1 juta picis. Dan yang datang baru 100 ribu lebih. Kita bagi-bagi juga ke masyarakat. Sebagian sudah,” ucap Sugianto.

Terkait bantuan masker ini, Ketua PWI Kalteng HM Haris Sadikin menyampaikan penghargaan dan ucapan terimakasihnya.

“Masker sangat berguna untuk mendukung tugas wartawan. Tugas wartawan banyak berada di luar rumah. Jadi memang memerlukan alat pelindung diri,” ujar Haris.

Dijelaskan Ketua PWI, tugas sebagai penyampai informasi yang dijalankan insan pers saat ini relatif berat, terutama terhadap ancaman penyebaran Covid-19 saat melakukan peliputan.

BACA JUGA :  Raja-Ratu Belanda Batal Datang, Gubernur: Mudah-mudahan Dijadwal Ulang

“Saya berharap, makin banyak yang peduli dengan profesi jurnalis. Kami mengabarkan untuk masyarakat, informasi sebenarnya,” sebut Pimpinan Redaksi SKH Palangka Post itu.

Selain penggunaan masker saat menjalankan tugas, Haris juga mengimbau para wartawan untuk mematuhi protokol peliputan di tengah pandemi covid-19.

“Senantiasa menjaga jarak aman, melengkapi dengan APD, menjaga pola hidup bersih dan sehat. Sering mencuci tangan, dan paling penting istirahat yang cukup,” tambahnya.

 

DATA TERKINI PASIEN CORONA

Hingga hari ini, jumlah warga yang terkonfirmasi positif Covid-19 di Kalteng sebanyak 25 orang. Menurut data Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 yang disampaikan pukul 15.00 WIB tadi, dari ke-25 pasien tersebut yang masih menjalani perawatan sebanyak 16 orang, sembuh 8 orang, dan meninggal 1 orang.

Adapun 16 pasien yang masih menjalani perawatan berada di ruang isolasi RSUD dr Doris Sylvanus Palangka Raya 8 orang, RSUD Sultan Imanuddin Pangkalan Bun 4 orang,dan RSUD dr Murjani Sampit 4 orang.

Tim media center Gugus Tugas juga menyebutkan, untuk data pasien dalam pengawasan (PDP) se-Kalteng saat ini berjumlah 66 orang, dan orang dalam pengawasan (ODP) sebanyak 488 orang. (SAR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *