Sel. Jun 2nd, 2020

kbirayanews.com

Menyajikan Informasi Bernilai Edukasi

Muhammadiyah Pahandut Bagi Sembako dan APD Tahap Kedua

Penyerahan APD dari Pengurus Cabang Muhammadiyah Pahandut kepada relawan MCCC dan MDMC untuk digunakan dalam penanggulangan Covid-19. FOTO : SAR

PALANGKA RAYA, KBIRAYA Pimpinan Cabang Muhammadiyah (PCM) Kecamatan Pahandut kembali mendistribusikan bantuan sembako untuk warga terdampak Covid-19. Sebanyak 86 paket sembako, 10 unit alat pelindung diri (APD), dan 100 lembar masker dibagikan dalam aksi sosial ini.

“Ini merupakan pembagian termin (tahap) kedua. Termin pertama sudah kita laksanakan awal bulan lalu, sekarang masuk termin kedua, dan Insya Allah untuk termin ketiga kembali kita laksanakan jelang lebaran nanti,” kata Ketua PCM Pahandut M Hanafiah Novie SP MSi didampingi Sekretaris Sugiatno SPdI kepada kbirayanews.com di sela pembagian bantuan, Kamis (23/4/2020).

Dijelaskan Novie, bantuan paket sembako dari PCM Pahandut pada termin kedua ini berupa beras, minyak goreng, gula, telur, susu, kecap manis, dan garam dapur.

Adapun sasaran warga penerima diupayakan lebih merata di wilayah Kota Palangka Raya. Jika di termin pertama sasaran diprioritaskan para tenaga pendidik di lingkungan sekolah Muhammadiyah, di termin kedua ini sudah menjangkau keluarga murid yang kurang mampu serta para tetangga.

“Kali ini penerima tidak hanya warga di wilayah Kecamatan Pahandut, tapi juga warga terdampak Covid-19 di kecamatan lain yang dianggap layak menerima berdasarkan pendataan anggota kita,” ujar Novie.

Sedangkan donasi bantuan ini berasal dari dana swadana para pengurus PCM Pahandut serta pihak lain yang ikhlas berpartisipasi.

“Ada yang menyumbang berupa dana, ada juga barang. Seperti telur, ada yang menyanggupi mengadakan, kita terima dan dibagikan,” sebutnya.

Untuk proses pembagian, penerima yang telah terdata datang ke sekretariat PCM Pahandut di Jalan Rasak, dan sebagian lagi diantarkan ke rumah kediaman masing-masing.

“Ada yang tidak punya kendaraan, ya kita antarkan secepatnya agar bisa mereka manfaatkan untuk keperluan puasa Ramadan,” tuturnya.

BACA JUGA :  Sikapi Perubahan RPJMD, Perangkat Daerah Diminta Segera Lakukan Penyesuaian

Ditambahkan Novie, selain paket sembako, pihaknya juga kembali membagikan 100 masker kain serta 10 unit alat pelindung diri (APD) yang kali ini  diprioritaskan untuk anggota Muhammadiyah Covid-19 Command Center (MCCC) dan Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC).

Mereka dinilai rentan penyebaran Covid-19 karena setiap harinya aktif melakukan kegiatan sosial di masyarakat seperti membantu pembagian bantuan sembako,  penyemprotan disinfektan, dan sosialisasi.

Ditambahkannya, PCM Pahandut  tetap berupaya melaksanakan aksi sosial ini jika pandemi Corona berlangsung lebih lama.

“Target pelaksanaan kita sampai termin ketiga. Tetapi, tidak menutup kemungkinan kita teruskan. Cuma, kita tidak ingin takabur dulu. Nanti disesuaikan dengan perkembangan,” tandasnya. (SAR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *