Jum. Okt 16th, 2020

kbirayanews.com

Menyajikan Informasi Bernilai Edukasi

Bagi Ibu Hamil, Ini Pesan Satgas Covid-19 Kalteng

(ILUSTRASI: NET)

PALANGKA RAYA, KBIRAYATim Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Kalimantan Tengah (Kalteng) punya pesan khusus bagi para ibu hamil. Mereka diimbau untuk  sedapat mungkin tinggal di rumah, kecuali untuk keperluan mendesak seperti kontrol kandungan.

“Bagi ibu hamil sedapat mungkin diam di rumah, kecuali keluar untuk kontrol rutin ke rumah sakit,” sebut juru bicara Satgas Penanganan Covid-19 Kalteng Murni D Djinu, dalam siaran pers yang disampaikan di Palangka Raya, Jumat (16/10/2020).

Dijelaskan Murni, selain menghindari bepergian, Satgas secara khusus juga meminta para ibu hamil untuk aktif menerapkan protokol kesehatan lainnya agar tidak terpapar covid-19.

Pesan khusus tersebut disampaikan Satgas merujuk dari pernyataan Spesialias Obstetri dan Ginekologi RS Siloam Kebon Jeruk, Jakarta, dr. Kathleen Juanita Gunawan.

Dalam talkshow di Media Center Satgas Covid-19 Pusat di Graha BNPB Jakarta, Kathleen menyebut keselamatan jiwa ibu hamil dan janinnya sangat rentan apabila terpapar Covid-19. Risiko tinggi itu terutama terjadi untuk para ibu hamil yang memiliki penyakit diabetes, hipertensi, dan asma.

“Termasuk juga ibu yang mempunyai riwayat kehamilan sebelumnya berisiko. Misalnya bayi meninggal dalam kandungan, lahir prematur, atau gangguan pertumbuhan.  Perlu kontrol (medis) lebih sering,” sebut Kathleen.

Kathleen menambahkan, selain rutin kontrol kesehatan, ibu hamil diminta patuh menerapkan protokol kesehatan. Di antaranya,  membiasakan pakai masker jika keluar rumah, jaga jarak dan hindari kerumunan, serta cuci tangan pakai sabun di air mengalir.

Terkait penanganan Covid-19 di Kalteng, hingga hari ini pasien terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 4.004 orang. Dari jumlah tersebut, pasien positif yang dinyatakan meninggal dunia sebanyak 145 orang atau dengan tingkat kematian Case Fatality Rate (CFR) 3,6 persen. (SAR)

BACA JUGA :  Mendesak, Kalteng Butuh Rumah Sakit Tipe A

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *